facebook

Inovatif, Produk Samping dari MSG Dapat Hasilkan Pupuk Ramah Lingkungan

Vania Rossa
Inovatif, Produk Samping dari MSG Dapat Hasilkan Pupuk Ramah Lingkungan
Ilustrasi Pupuk Ramah Lingkungan. (Unsplash.com)

Pupuk ini memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro yang lengkap untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Suara.com - Demi menjaga lingkungan hidup yang lebih lestari, berbagai pihak mulai melakukan berbagai upaya yang mengusung konsep ramah lingkungan. Termasuk dalam praktik ekonomi sirkular, yang saat ini tengah menjadi perhatian pemerintah.

Isu lingkungan ini pun masuk dalam prioritas utama PT AJINOMOTO INDONESIA, yang melakukan praktik ekonomi sirkular untuk menciptakan proses produksi ramah lingkungan dalam kegiatan produksinya.

Dalam memproduksi Monosodium Glutamat (MSG), Ajinomoto melakukan proses Bio Cycle. Bahan baku utama produksi MSG menggunakan tetes tebu yang melalui proses fermentasi, dari proses produksi tersebut dihasilkan produk samping pupuk AJIFOL (Ajinomoto Foliar Fertilizer).

AJIFOL memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro yang lengkap untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman mulai dari awal tanam hingga panen, serta dengan kandungan asam amino berkualitas tinggi di dalamnya.

Baca Juga: Usung Smart Production, Tim Inovasi PKT Raih Penghargaan ICC-OSH 2022

AJIFOL juga mampu meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit, sehingga dapat mengurangi pemakaian pestisida dan lebih ramah terhadap lingkungan.

Yudho Koesbandryo, Direktur PT AJINOMOTO INDONESIA menjelaskan, “Sejalan dengan Ajinomoto Share Value (ASV) perusahaan, PT AJINOMOTO INDONESIA mulai melakukan pengolahan produk samping (By Product) yang dalam prosesnya mengacu pada Eco Activity dan Biocycle, yang dapat diolah menjadi produk dengan nilai jual (Co Product), salah satunya pupuk AJIFOL yang telah dilengkapi dengan izin edar dari Kementerian Pertanian RI.”

Saat ini, AJIFOL memiliki dua varian, yaitu AJIFOL D untuk pertumbuhan vegetatif tanaman (akar, batang, daun) dan AJIFOL B untuk pertumbuhan generatif tanaman (bunga dan buah).

Penggunaannya cukup mudah, dengan menambahkan air terlebih dahulu sesuai takaran, AJIFOL bisa langsung disemprotkan ke bagian tanaman. Tidak hanya memiliki kandungan yang berkualitas, harga pupuk cair AJIFOL ini juga sangat terjangkau - AJIFOL D sekitar Rp. 70.000,00 - Rp. 75.000,00/liter dan AJIFOL B sekitar Rp80.000,00 - Rp85.000,00/liter.

Baca Juga: Subsidi Pupuk Fokus Urea dan NPK Untuk Stabilitas Produksi Pangan dan Tekan Inflasi

Komentar