Lawan Stigma, Hannah Al Rasyid Pilih Blak-blakan di Lokasi Syuting saat Menstruasi

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Lawan Stigma, Hannah Al Rasyid Pilih Blak-blakan di Lokasi Syuting saat Menstruasi
Hannah Al Rashid (Instagram)

Hal ini ia lakukan untuk menghempas stigma menstruasi yang kerap dialami perempuan, khususnya di Indonesia.

Suara.com - Artis Hannah Al Rasyid mengaku tanpa malu blak-blakan kepada tim dan kru di lokasi syuting jika sedang menstruasi dan sedang ingin mengganti pembalut.

Hal ini ia lakukan untuk menghempas stigma menstruasi yang kerap dialami perempuan, khususnya di Indonesia. Perempuan kelahiran London, Inggris itu ingin menunjukan kesan bahwa menstruasi bukan hal tabu, melainkan hal biasa yang dihadapi perempuan setiap bulannya.

"Jadi aku akan seblak-blakan mungkin ngasih tahu kalau aku mens, atau ketika ingin ganti pembalut, supaya orang terbiasa, ngomongin ini satu hal yang sangat biasa," ujar Hannah dalam acara Nona Woman Organic Pads, Jumat (5/8/2022).

Selain itu, jika banyak perempuan pilih menyembunyikan pembalutnya saat menstruasi, maka tidak dengan perempuan berusia 36 tahun yang pilih menentengnya secara terbuka tanpa perlu ada wadah atau penutup pembalut khusus dalam kantong plastik.

Baca Juga: Menstruasi Seperti Kencing, Melaney Ricardo Harus Angkat Rahim

"Ah aku pede (percaya diri) aja waktu pas bawa, juga pas mau ke toilet," ungkap Hannah.

Menurut Hannah, ia melakukan ini bukan hanya untuk memutuskan stigma menstruasi menjijikan atau aib yang harus ditutup karena malu. Tapi juga baik untuk kesehatan mental, karena membuat perempuan jadi lebih percaya diri.

"Jadi ketika perempuan menstruasi dapat support sistem yang baik, dan tahu saat ia menstruasi, maka baik juga untuk kesehatan mental, jadi perempuan bisa tetap produktif meskipun menstruasi, dan orang di sekitar jadi lebih mengerti," sambung Hannah.

Sementara itu, Menstruasi atau haid adalah siklus normal bulanan di mana wanita mengalami perdarahan dari vagina. Darah menstruasi berasal dari lapisan rahim.

Setiap bulan tubuh perempuan mempersiapkan kehamilan dengan menghasilkan sel telur dari indung telur, proses yang disebut ovulasi. 

Baca Juga: Melaney Ricardo Operasi Angkat Rahim agar Tak Kesakitan Lagi saat Haid, Berapa Biayanya?