Mencari Olahraga yang Banyak Membakar Kalori? Ini 6 Daftarnya

Yasinta Rahmawati
Mencari Olahraga yang Banyak Membakar Kalori? Ini 6 Daftarnya
Ilustrasi olahraga yang cepat membakar kalori. (Unsplash/Karsten Winegeart)

Mulai berolahraga akan jadi langkah tepat menurunkan berat badan. SImak 6 jenis olahraga berikut untuk membakar kalori dengan cepat!

Suara.com - Memiliki badan yang bugar dan ideal sebenarnya adalah hal yang sangat wajar jika didambakan. Selain tampil lebih segar, Anda juga akan memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik. Sederet olahraga yang banyak membakar kalori bisa dilakukan, untuk mengatasi berat badan berlebih dan membantu program diet Anda.

Tapi bukankah semua olahraga sama baiknya?

Untuk sisi kesehatan, ya. Namun untuk urusan membakar kalori, beberapa jenis olahraga terbilang lebih efektif karena pada dasarnya gerakan yang dilakukan lebih intens. Untuk Anda yang penasaran pada olahraga apa saja yang efektif untuk membakar lemak, Anda bisa simak di bawah ini!

1. Lari

Baca Juga: 3 Tips Jaga Kesehatan dalam Menjalankan Aktivitas Sehari-hari Bersama Keluarga

Olahraga yang paling mudah dan paling murah untuk dilakukan, juga ternyata sangat efektif untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Melatih kekuatan tubuh bagian bawah, olahraga ini akan membakar kalori hingga lebih dari 300 kalori saat dilakukan selama kurang lebih 30 menit.

Ilustrasi olahraga lari agar tubuh sehat (Pixabay.com/StockSnap)
Lari, olahraga yang banyak membakar kalori. (Pixabay.com/StockSnap)

2. Jumping Jack

Gerakan kedua adalah jumping jack. Gerakan ini cukup intens dan akan meningkatkan kerja jantung. Dalam durasi sekitar 1 menit melakukan jumping jack Anda akan bisa membakar lebih dari 10 kalori. Artinya dalam waktu 30 menit, akan terbakar sekitar 330-an kalori di dalam tubuh.

3. Berenang

Baik untuk kekuatan tubuh, kekuatan dan kesehatan jantung, serta mampu membakar kalori dengan cukup efektif, berenang jadi salah satu olahraga yang direkomendasikan untuk Anda. Dalam durasi sekitar 30 menit, setidaknya kalori yang terbakar berada di antara 190 hingga 290 kalori.

Baca Juga: Selain Lari, Berikut 3 Olahraga Kardio yang Wajib Kamu Ketahui

Ilustrasi Berenang.(Pexels)
Berenang, olahraga yang banyak membakar kalori.(Pexels)

4. Jalan Kaki

Lebih mudah dilakukan daripada lari, jalan kaki juga akan jadi aktivitas pembakar kalori yang cukup efektif. Kebiasaan jalan kaki akan terhitung sebagai olahraga ketika dilakukan secara rutin, dan menjadi alternatif yang tepat untuk Anda yang memiliki cedera. Dalam 30 menit jalan kaki, setidaknya lebih dari 100 kalori akan terbakar.

5. HIIT

Menjadi jenis latihan intens yang dapat membantu Anda membakar sangat banyak kalori di dalam tubuh. Pada waktu satu jam berolahraga, Anda bisa membakar hingga lebih dari 1.000 kalori untuk ukuran pria 80 kg. Sangat menggoda bukan?

6. Angkat Beban

Bisa dilakukan di rumah atau di pusat kebugaran, angkat beban juga akan membantu Anda membakar kalori dalam jumlah yang cukup besar. Selain mampu membantu membakar kalori Anda juga akan dapat melatih berbagai otot tubuh, dan sebagai bonus Anda bisa memperoleh bentuk tubuh yang ideal dengan latihan rutin.

Itu tadi setidaknya 6 olahraga yang banyak membakar kalori. Padukan dengan tidur cukup, makan makanan bernutrisi sseiembang, dan pola hidup sehat, dalam waktu singkat Anda akan merasakan perubahannya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian