Pasutri Wajib Tahu! Ini Tanda Pasangan Punya Gangguan Kesuburan Hingga Sulit Punya Anak

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Pasutri Wajib Tahu! Ini Tanda Pasangan Punya Gangguan Kesuburan Hingga Sulit Punya Anak
Ilustrasi kesuburan pasangan. [Pixabay]

Kualitas kesuburan pasangan suami istri (pasutri) sangat menentukan pasangan itu bisa memiliki anak secara alami atau tidak.

Suara.com - Kualitas kesuburan pasangan suami istri (pasutri) sangat menentukan pasangan itu bisa memiliki anak secara alami atau tidak. Normalnya, pasutri yang melakukan hubungan seksual secara rutin dan tanpa alat kontrasepsi berpotensi besar hamil bahkan dalam waktu 6 bulan pasca menikah.

Namun, bila pasutri telah rutin hubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi apa pun tetapi belum juga hamil selama 12 bulan pertama, kemungkinan ada masalah kesuburan.

Dokter spesialis kandungan Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG., menjelaskan bahwa masalah kesuburan bisa terjadi pada laki-laki juga perempuan.

Infertilitas atau kesuburan yang buruk. [Shutterstock]
Infertilitas atau kesuburan yang buruk. [Shutterstock]

"Penyebab gangguan kesuburan 35 persen itu karena faktor laki-laki. Sisanya ada terbanyak gangguan pematangan sel telur atau ovulasi. Biasanya kalau perempuan tidak matang sel telur, paling gampang dilihat dari siklus haid yang tidak teratur," jelas dokter Budi saat konferensi pers di Rumah Sakit Primaya Evasari, Jakarta, Senin (30/1/2023).

Baca Juga: Mimpi Basah ketika Sedang Berpuasa, Apakah Bikin Puasa Seseorang Batal? Berikut Penjelasan dari Buya Yahya

Selain itu, bisa jadi adanya sumbatan saluran telur pada rahim. Diketahui, perempuan memiliki dua indung telur dan dua saluran telur. Di dalam saluran tersebut menjadi tempat bertemunya sperma dan sel telur.

Dokter Budi menerangkan, bila terjadi sumbatan, terutama pada kedua saluran telur itu, maka sperma tidak bisa bertemu dengan sel telur. Faktor ketia penyebab perempuan tidak subur juga karena adanya kista cokelat. Kondisi itu bisa dialami bila setiap bulan saat haid selalu merasa nyeri.

"Itu disebabkan ada kista cokelat. Kista adalah kantung di dalam indung telur, isinya cairan berwarna cokelat. ini sering menyebabkan gangguan kesuburan. Keempat juga gangguan di dalam rahim, embrio tidak nempel kalau ada mium atau polip. Itu semua faktor penyebab kesuburan," jelasnya.

Sedangkan tanda tidak subur pada laki-laki tidak bisa dirasakan secara fisik seperti perempuan. Kualitas sperma pun tidak bisa dilihat secara kasat mata. Untuk mengetahui hal tersebut perlu dilakukan tes kesuburan serta melihat kualitas sperma melalui mikroskop.

"Laki-laki itu tidak ada keluhannya. Hampir tidak ada keluhan laki-laki yang alami invertilitas, kecuali kalau gangguan ereksi. Makanya penting cek sperma," pesannya.

Baca Juga: 4 Zodiak yang Menyampaikan Permintaan Maaf Terbaik pada Pasangan