alexametrics

Ini Kata Jokowi soal Kabar Timor Leste Ingin Kembali ke NKRI

Arsito Hidayatullah
Ini Kata Jokowi soal Kabar Timor Leste Ingin Kembali ke NKRI
Presiden terpilih Joko Widodo bertolak menuju Bali dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Rabu (27/8). [suara.com/Kurniawan Mas'ud]

Jokowi sendiri mengaku sempat berjumpa Xanana di Surabaya.

Suara.com - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Timor Leste, Xanana Gusmao. Pertemuan itu menurutnya terjadi saat acara HUT TNI, beberapa hari lalu.

"Saya memang ketemu kok, di Surabaya. Ya, ketemu, dan menanyakan kabarnya gimana? Timor Leste gimana? Cerita dikit, dan bicara 'Oh, nanti kita ngomong-ngomong lebih banyak lagi'," ungkap Jokowi, di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (9/4/2014).

Disinggung soal kabar keinginan Xanana agar Timor Leste bergabung kembali ke Indonesia, Jokowi belum mau berandai-andai. Pasalnya, dia mengaku belum mendengar kabar itu. Dia pun memilih berhati-hati untuk berkomentar, lantaran ini masalah bilateral dua negara.

"Wong kita belum berbicara. Kalau kita berbicara, (harus) panjang lebar. Ini kan masalah bilateral negara dengan negara," katanya.

Sebelumnya, sejumlah media nasional memberitakan keinginan PM Timor Leste, Xanana Gusmao, untuk bergabung lagi dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Xanana mengakui adanya kemungkinan negaranya bergabung kembali dengan Indonesia itu, setelah berpisah dari RI selama 15 tahun.

"Timor Leste harus bergabung dengan Indonesia. Kami butuh pemimpin baru," tutur Xanana di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (7/10/2014), seperti dikutip sejumlah media.

Namun begitu, belakangan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sjafrie Sjamsoeddin, meluruskan sejumlah pemberitaan media nasional yang mengklaim telah mewawancarai Xanana Gusmao itu. Beberapa media tersebut memang menyebut bahwa Xanana ingin negaranya bergabung kembali dengan Indonesia.

"Saya ingin mengarisbawahi bahwa wacana (pemberitaan) yang disebutkan dalam tagline (media) itu, tidak ada," ujar Sjafrie, di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Kamis (9/10/2014).

Sjafrie mengaku menyakini hal tersebut, lantaran dirinya selalu mendampingi PM Xanana Gusmao selama berada di Indonesia. Termasuk ketika Xanana diwawancarai secara door stoop oleh media televisi, Syafrie mengaku berada di samping Xanana.

Wamenhan pun mengatakan, kehadiran Xanana sendiri adalah karena diundang TNI, sebagai Menteri Pertahanan Timor Leste. Dia ke sini dalam rangka menghadiri HUT TNI yang digelar di Surabaya, Selasa (7/10) lalu.