DPR Minta Polisi Ungkap Akun Mesum Ina Si Nononk

Siswanto | Bagus Santosa
DPR Minta Polisi Ungkap Akun Mesum Ina Si Nononk
Rapat paripurna DPR [suara.com/Bagus Santosa]

"Sudah banyak kasus yang terbuka ke publik," katanya.

Suara.com - Beberapa hari terakhir, media sosial dihebohkan akun atas nama Ina Si Nononk. Akun yang diduga milik seorang pelajar putri SMP ini berani-beraninya mengunggah foto berduaan dengan seorang pemuda di balik selimut.

Ketua Komisi VIII DPR Saleh Daulay meminta kepolisian untuk mengungkap asal muasal foto tak senonoh itu.

"Perlu ditelusuri motifnya. Jangan-jangan akun itu adalah akun palsu. Dipergunakan orang lain untuk dagangan," kata Saleh kepada Suara.com, Jumat (4/3/2016).

Saleh mengingatkan modus human trafficking jaman sekarang macam-macam, termasuk lewat media sosial.

"Sudah banyak kasus yang terbuka ke publik," katanya.

Saleh juga mengingatkan bahwa teknologi informasi tidak selalu berdampak positif. Media sosial, katanya, bisa berdampak buruk kalau tidak dipakai dengan benar. Peran guru, orangtua, dan lingkungan sekitar menjadi sangat penting.

"Foto-foto tidak baik seperti yang ada di akun Twitter anak-anak itu adalah contoh konkritnya. Ini menandakan, anak-anak jauh lebih cepat dewasa dan cenderung ada nuansa degradasi moral," kata Saleh.

Mengenai hal ini, dalam berbagai kesempatan rapat dengan Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Komisi VIII DPR sudah sering menyampaikan persoalan proteksi pada anak-anak. Salah satu yang diminta Komisi VIII adalah agar anak-anak di sekolah dilarang menggunakan ponsel yang langsung terkoneksi dengan internet.

Itu sebabnya, kata Saleh, Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak diminta untuk berkordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membuat aturan larangan anak-anak sekolah menggunakan ponsel yang terkoneksi dengan internet.

"Selain itu, kepada KPAI kami juga sudah meminta agar ikut memperhatikan masalah seperti ini. Peran KPAI menjadi terasa jika berkontribusi dalam mengawal akhlak anak-anak Indonesia. Tentu mereka juga perlu berkoordinasi dengan kementerian lain," kata dia.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS