Lebaran, Garuda Diharapkan Tambah Kapasitas sampai 50 Persen

Siswanto | Erick Tanjung
Lebaran, Garuda Diharapkan Tambah Kapasitas sampai 50 Persen
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi [suara.com/Erick Tanjung]

Itu sebabnya, kata Budi, pemerintah sudah menyiapkan penambahan slot penerbangan kepada maskapai.

Suara.com - Masa mudik Lebaran tinggal sebentar lagi. Pemerintah sedang mempersiapkan berbagai layanan di sektor transportasi, khususnya udara, agar arus mudik berlangsung lancar.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan maskapai pemerintah, Garuda Indonesia, sudah mulai menambah kapasitas layanan.

"Berkaitan dengan Lebaran, Garuda sudah meningkatkan kapasitasnya dalam 10 hari itu kurang lebih 30 persen. Jadi dari 31 ribu menjadi 45 ribu," kata Budi Karya usai meninjau persiapan angkutan Lebaran di Terminal III Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Jumat (14/4/2017).

Itu sebabnya, kata Budi, pemerintah sudah menyiapkan penambahan slot penerbangan kepada maskapai.

"Kami memberikan slot lagi, karena selama ini ada overlay, kami putuskan overlay tidak ada selama dua minggu," ujar dia.

Budi Karya mengatakan angkutan udara menjadi preferensi dari masyarakat, mengingat wilayah Indonesia yang sangat luas dan terdiri dari kepulauan.

Budi Karya mengharapkan Garuda Indonesia sebagai maskapai nasional menambah kapasitas lebih dari 30 persen.

"Oleh karenanya kami minta diskusikan lagi, bukan 30 persen, kalau bisa 40 persen, bahkan 50 persen kami lakukan. Memang masyarakat membutuhkan Garuda dan airline yang lain juga mendapatkan masa panen, jadi suatu perjumpaan yang bagus. Saya harapkan ini bisa dilaksanakan. Semoga ini menjadi suatu cara yang baik, jadi bagaimana Garuda Indonesia, Angkasa Pura II, Airnav berjalan baik," kata dia.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS