Ini Sosok Pembaca Al Quran yang Meninggal di Rumah Menteri Sosial

Pebriansyah Ariefana
Ini Sosok Pembaca Al Quran yang Meninggal di Rumah Menteri Sosial
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. [Dok Kementerian Sosial]

Setiap membaca Al Quran nampak sangat khusyuk dan menghayati.

Suara.com - Jakfar Abdul Rahman meninggal saat membaca Al Quran di pengajian di rumah Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di kawasan Jemursari Surabaya, Senin (24/4/2017). Siapa Jakfar?

Jakfar adalah tetangga sejak lama di Surabaya. Hampir setiap perhelatan besar Khofifah selalu memintanya membacakan Al Quran.

Setiap membaca Al Quran nampak sangat khusyuk dan menghayati. Sekitar satu bulan lalu ustad Jakfar sempat dirawat karena serangan jantung.

Jakfar yang didaulat membacakan ayat-ayat suci Al Qur'an tiba-tiba suaranya semakin lirih dan tubuhnya terus merunduk seperti akan sujud, kemudian tak sadarkan diri. Jakfar kemudian dibawa ke rumah sakit yang berlokasi tak jauh dari lokasi kegiatan, namun nyawanya tak tertolong dan dokter menyatakan beliau meninggal dunia.

"Tadi sudah dibacakan Al Fatihah khusus kepada ustad Jakfar Abdul Rahman. Tadi anak saya yang saya minta mengantar ke rumah sakit dan mengurus semuanya," kata Khofifah dalam peryataannya, Senin sore.

"Beliau adalah ahli Quran dan wafat saat membaca Al Quran. Semoga khusnul khotimah," ujarnya lirih.

Dalam kenangan Khofifah, pria berusia 60 tahun tersebut yang ditunjuk membacakan Al Quran saat pembukaan Muktamar NU di Situbondo tahun 1984.

"Surat yang dibaca saat doa bersama tadi adalah surah Al Mulk, sama seperti saat pembukaan Muktamar di Situbondo. Saya sedang menghayati ayat kedua tadi dimana di situ disebutkan Allah yg menciptakan kematian, kehidupan, dan bagaimana kita supaya bisa melakukan sesuatu untuk bisa mendapatkan amal sebaik-baiknya," katanya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS