Jelang Libur Lebaran, Sandiaga Resmikan Kampung Betawi

Vania Rossa | Ummi Hadyah Saleh
Jelang Libur Lebaran, Sandiaga Resmikan Kampung Betawi
Sandiaga resmikan Kampung Betawi. (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)

Kampung Betawi diharapkan akan jadi pusat oleh-oleh kebudayaan Betawi.

Suara.com - Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno meresmikan Kampung Betawi di kawasan Pasar Seni, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, pada Rabu (13/6/2018). Dalam sambutannya, Sandiaga menuturkan Kampung Betawi menerapkan konsep Public Private Partnership.

"Saya ingin ucapkan ini wahana Kampung Betawi di Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol. Dan ini public private partnership ya. Kerjasama antara Ancol sebagai private, kami Pemerintah Provinsi DKI, dan masyarakat," ujar Sandiaga.

Kampung Betawi di kawasan Pasar Seni, Taman Impian Jaya Ancol. (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)

Tak hanya itu, Sandiaga berharap Kampung Betawi Ancol dapat meningkatkan apresiasi generasi muda untuk melestarikan budaya Betawi.

"Kita ingin anak-anak Betawi menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. Di sini juga ada kejayaan aneka kuliner dan busana Betawi. Jadi, selain daripada cuking, kopi yang merah, juga ada lagi kuliner-kuliner Betawi yang lainnya, dodol Betawi, misalnya. Bisa juga kita dorong nasi uduk Betawi dan sebagainya," katanya.

Sandiaga juga mengapreasi pusat oleh-oleh kebudayaan Betawi yang akan membantu UMKM program OK OCE untuk memasarkan hasil usahanya.

Menurut Sandiaga, saat ini sudah ada 42 UMKM cenderamata dan 60 UMKM berbasis kuliner yang bekerjasama di kawasan tersebut.

"Kita harapkan UMKM mereka tadi made to order, bisa jadi sekarang tampil sebagai oleh-oleh Betawi. Kadang-kadang orang-orang kan bingung beli oleh-oleh Betawi di mana. Nah, salah satunya sekarang bisa beli di Taman Impian Jaya Ancol, khususnya di Pasar Seni," tutur Sandiaga.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu menyebut bahwa pada libur Lebaran, diprediksi akan ada 1,2 juta yang datang ke Ancol.

"Kita sebentar lagi akan kedatangan ratusan ribu (sampai) 1,2 juta. 1,2 juta yang akan masuk ke Ancol dalam 1-2 minggu di sekitar hari Lebaran. 1,2 juta dari total 20 juta yang kira-kira kita prediksi akan masuk ke Ancol di tahun 2018. Jadi, ini sangat positif. Kita dorong kreativitas penuh dengan kearifan lokal. Dan yang terpenting adalah 1,2 juta itu merupakan pasar yang bisa menjadi wahana untuk para UMKM ini menciptakan lapangan kerja lagi ke depan," tandasnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS