Polri Siapkan Sel Khusus Tahanan Teroris di Polda hingga Polsek

Bangun Santoso | Chyntia Sami Bhayangkara
Polri Siapkan Sel Khusus Tahanan Teroris di Polda hingga Polsek
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (Suara.com/Chyntia Sami Bhayangkara)

Polri akan membangun rutan khusus teroris di Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Suara.com - Mabes Polri akan menyiapkan sel tahanan khusus bagi napi teroris di seluruh polda, polres dan polsek di Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai upaya sementara sambil menunggu pembangunan rutan khusus teroris di Desa Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat selesai dan bisa digunakan.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan kepada jajaran Polri agar menempatkan terduga teroris di sel tahanan khusus di masing-masing daerah penangkapan. Ia juga meminta agar terduga teroris mendapat penjagaan ekstra ketat.

"Kita tahu tahanan terduga teroris ada di Polda, Polres, dan Polsek. Kami sudah berikan arahan untuk menempatkan mereka di ruang sendiri dengan pengamanan lebih ketat," kata Tito Karnavian di Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (7/8/2018).

Diketahuim Densus 88 Antiteror Polri telah menangkap lebih dari 200 terduga teroris pasca peristiwa bom di Surabaya, Jawa Timur. Penangkapan ini dilakukan sampai menjelang Asian Games 2018 digelar.

Menurut Tito, penempatan sementara para terduga teroris itu merupakan bentuk upaya pengkondisian sambil menunggu pembangunan proyek rutan khusus teroris di Cikeas, Kabupaten Bogor. Rutan khusus itu dibangun untuk melokalisir para terduga teroris di satu tempat khusus.

Apalagi, pasca-kerusuhan di rutan Mako Brimob pada Mei 2018 lalu, para terduga teroris tak lagi bisa ditahan di sana. Para napi teroris yang ada di Rutan Mako Brimob dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur.

Terdapat ratusan terduga teroris lainnya kini dititipkan di beberapa kantor wilayah kepolisian yang berada di daerah tempat terduga teroris tersebut ditangkap.

"Ini merupakan upaya pengamanan sambil menunggu Rutan di Cikeas yang dibangun untuk kapasitas 340 orang. Insyaallah bulan ini sudah dimulai pembangunannya," pungkas Tito.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS