Dramatis! Mahfud MD Pulang ke Rumah, Jokowi Pilih Ma'ruf Amin

Reza Gunadha
Dramatis! Mahfud MD Pulang ke Rumah, Jokowi Pilih Ma'ruf Amin
Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD di acara Akademi Bela Negara Partai Nasdem ke-2. (Suara.com/Dwi Bowo Raharjo)

"Saya memutuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari partai-partai koalisi."

Suara.com - Bakal calon presiden petahana Jokowi secara dramatis memilih Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin sebagai bakal calon wakil presiden pendampingnya di Pilpres 2019.

"Saya memutuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari partai-partai koalisi, yakni Koalisi Indonesia Kerja, bahwa yang akan medampingi saya sebagai cawapres periode 2019-2024, adalah Profesor Doktor Kiai Haji Ma'ruf Amin," kata Jokowi dalam konferensi pers seusai melakukan pertemuan dengan ketua-ketua serta sekretaris jenderal partai-partai Koalisi Indonesia Kerja di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018) malam.

Penunjukan Ma’ruf Amin itu terbilang dramatis dan mengejutkan, meski nama yang bersangkutan sempat masuk bursa bakal cawapres Jokowi.

Pasalnya, pada detik-detik menjelang pengumuman Jokowi tersebut, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengklaim dirinya ditunjuk sebagai cawapres.

Bahkan, Mahfud MD mengatakan menjadi cawapres Jokowi adalah panggilan sejarah.

"Menurut saya, ini panggilan sejarah," kata Mahfud MD.

Mahfud MD mengatakan, sebelum diputuskan menjadi cawapres Jokowi, dirinya sudah melakukan pertemuan dengan Jokowi. Namun tidak bicara soal Pilpres 2019.

"Saya sering diajak diskusi, tapi tidak pernah bicarakan soal Pilpres," kata Mahfud MD.

Politikus Partai Golkar Nusron Wahid juga mengakui keputusan Jokowi itu mendadak. Nusron mengklaim, dirinya menemani Mahfud di sebuah restoran kawasan Menteng, menjelang pertemuan Jokowi dengan Koalisi Indonesia Kerja, Kamis sore.

"Saya yang menemami Mahfud, kan katanya mau deklarasi di sini. Tapi mendadak ada perubahan. Pak Mahfud pulang ke Kramat, (kediaman Mahfud; Kramat Jaya, Jakarta Pusat),” kata Nusron.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS