Sanksi Untuk Buruh di Cina: Minum Kencing dan Makan Kecoa

Liberty Jemadu
Sanksi Untuk Buruh di Cina: Minum Kencing dan Makan Kecoa
Seorang buruh bangunan di Cina. [Shutterstock]

Ada-ada saja alasan bagi perusahaan untuk memberikan hukuman tak manusiawi.

Suara.com - Para buruh di sebuah perusahaan renovasi bangunan di Cina diperlakukan tidak manusiawi karena diwajibkan minum kencing, makan kecoa, bahkan dicambuk dengan ikat pinggang jika tak merampungkan pekerjaan.

Seperti yang diwartakan Reuters, mengutip laporan dari media lokal, beberapa pekerja pernah disuruh menggundulkan kepala, dipaksa meminum air kloset, dan gaji mereka ditahan selama sebulan.

Semua hukuman itu dilaksanakan dibawah pengawasan dari seorang staf perusahaan, demikian pengakuan beberapa pekerja yang akhirnya memutuskan mundur dari perusahaan yang berlokasi di Provinsi Guizhou itu.

Ada-ada saja alasan bagi perusahaan untuk memberikan hukuman tak manusiawi. Antara lain jika para pegawai tak mengenakan sepatu kulit atau tidak masuk kerja tepat waktu.

Kini tiga orang manajer di perusahaan itu sudah dihukum penjara selama lima sampai 10 hari. Mereka didakwa telah mempermalukan orang lain.

Kondisi buruh di Cina memang sangat memprihatinkan. Para buruh sering dipaksa bekerja melebihi waktu yang ditentukan dan digaji sangat rendah.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS