Trik Khusus Warga Bidara Cina Hadapi Banjir Saat Musim Hujan

Bangun Santoso | Walda Marison
Trik Khusus Warga Bidara Cina Hadapi Banjir Saat Musim Hujan
Suasana perumahan warga di kawasan Bidara Cina, Jakarta Timur. (Suara.com/Walda Marison)

Kawasan Bidara Cina dikenal sebagai salah satu kawasan paling rawan akan banjir di Jakarta

Suara.com - Kawasan Bidara Cina di Jatinegara, Jakarta Timur dikenal sebagai salah satu wilayah di Jakarta yang rawan akan banjir. Terlebih saat musim hujan tiba. Ini karena daerah ini berada dekat aliran Kali Ciliwung yang biasa meluap saat musim hujan.

Namun demikian, warga mengaku sudah lima tahun terakhir banjir sedikit berkurang. Bahkan ada kawasan yang kini terbebas dari banjir karena pembangunan sodetan oleh Pemprov DKI Jakarta pada 2013 lalu.

Menghadapi bencana banjir sudah menjadi pengalaman rutinitas tahunan bagi sebagian warga Bidara Cina. Salah satunya ada Reni (41), ada beberapa trik atau tips dirinya menghadapi banjir saat musim penghujan tiba.

Menurut warga yang tinggal di Jalan Setia, Gang Pertama, RT 03/02, Bidara Cina ini, antisipasi pertama yakni mengangkat semua barang berharga ke tempat paling aman. Terutama bagi rumah yang terdiri lebih dari satu lantai, barang berharga bisa ditempatkan di lantai dua. Sebab, jika banjir datang, luapan air bisa sampai menyentuh lantai dua rumah.

"Prepare paling yang sebelumnya rumah gak tingkat jadi ditingkatin gitu," ujar Reni saat ditemui di kediamannya, Jumat, (9/11/2018).

Tips lain adalah memindahkan kendaran ke wilayah yang lebih tinggi. Hal itu untuk mengantisipasi agar kendaraan pribadi milik warga tidak terkena banjir.

"Biasanya kalau menjelang banjir kendaraan sudah di pindah-pindahin ke tempat yang lebih tinggi. Bahkan ada yang diparkir ke jalan raya. Selama ini diparkir di situ sih aman-aman aja," ujar dia.

Terakhir adalah mengunci pintu rumah, terutama saat akan ditinggal mengungsi dari banjir. Pasalnya, air yang masuk ke dalam rumah dapat menghanyutkan barang-barang berharga.

"Biasanya setelah surut, barang barang kita suka ada yang hanyut ke rumah lain. Seperti lemari, kasur, semuanya hanyut. Tapi pasti dibalikin ke pemiliknya. Tapi kalau yang hanyut kasur biasanya langsung dibuang," pungkasnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS