Survei: Pengikut 3 Ustaz Tersohor Dukung Jokowi - Maruf Amin

Reza Gunadha | Ria Rizki Nirmala Sari
Survei: Pengikut 3 Ustaz Tersohor Dukung Jokowi - Maruf Amin
Presiden Joko Widodo bersama komunitas motor berkonvoi mengelilingi kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (11/11). [ANTARA FOTO/Wahyu Putro]

Prabowo-Sandiaga unggul di pemilih yang mendengarkan imbauan Ustaz Abdul Somad dan Habib Rizieq Shihab.

Suara.com - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menuturkan, Capres dan Cawapres nomor urut 01 JokowiMaruf Amin didukung oleh pemilih yang mendengarkan imbauan tiga ustaz tersohor di Indonesia.

Ketiga Ustaz itu ialah Arifin Ilham, Yusuf Mansur dan Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym.

Diperoleh dari hasil riset 1.200 responden, sebanyak 23,5 persen mendengarkan himbauan Aa Gym, ustaz tersohor dari kota Bandung itu. Sebesar 49,2 persen pemilih Jokowi – Maruf Amin mengaku mengenali sosok Aa Gym.

Sementara pemilih Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno mengenal sosok Aa Gym hanya 46,2 persen. Dapat disimpulkan, Jokowi-Maruf Amin lebih unggul dari pemilih yang mendengarkan himbauan Ustaz Abdullah Gymnastiar.

Selain Aa Gym, Jokowi unggul di pemilih yang mau mendengar imbauan dari Ustaz Yusuf Mansur dan Ustaz Arifin Ilham.

"Dari kelima tokoh agama tersebut, Jokowi-Maruf Amin unggul di pemilih yang menyatakan mendengar himbauan Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Yusuf Mansur dan Ustaz Aa Gym," kata peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman di kantor LSI, Rawamangun, Jawa Timur, Rabu (14/11/2018).

Bila dipaparkan, sebanyak 24,9 persen responden yang mau mendengarkan imbauan Ustaz Yusuf Mansyur dan sebanyak 49 persen mengenal sosoknya.

Dibanding dengan itu, Ustaz Yusuf Mansyur dikenal oleh pemilih Prabowo-Sandiaga hanya sebesar 44,4 persen. Adapun yang tidak mau menjawab atau tidak tahu sebesar 6,6 persen.

Sedangkan sebesar 25,9 persen responden mau mendengarkan imbauan Ustaz Arifin Ilham. Pada pemilih Jokowi-Maruf Amin, sebanyak 49,2 persen mengenal sosoknya ketimbang pada pemilih Prabowo-Sandiaga yang hanya 46,2 persen. Adapun yang belum memutuskan atau tidak menjawab sebanyak 6,6 persen.

Pada lain sisi, Prabowo-Sandiaga unggul di pemilih yang mendengarkan imbauan Ustaz Abdul Somad dan Habib Rizieq Shihab.

Sebanyak 63 persen pemilih Prabowo Subianto mengenal sosok Habib Rizieq dan sebesar 17 persen responden mau mendengarkan imbauannya.

Berbanding jauh dengan itu, pemilih Jokowi-Maruf Amin yang mengenal sosok Habib Rizieq hanya sebesar 31,5 persen.

Selain Rizieq, adapun Ustaz Abdul Somad yang paling dikenal di kalangan pemilih Prabowo-Sandiaga sebanyak 54,3 persen. Sedangkan dari pemilih itu, sebanyak 30,2 persen responden mau mendengarkan imbauannya.

Survei tersebut dilakukan sejak 10 Oktober hingga 19 Oktober 2018. Metode yang digunakan dalam survei ialah multistage random sampling dengan responden 1.200 responden.

Adapun cara pengumpulan data untuk survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dan menggunakan kuesioner. Kesalahan dalam survei diklaim sebesar kurang lebih 2,8 persen.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS