Dilalap Si Jago Merah, 600 Buku SD Jadi Arang

Agung Sandy Lesmana
Dilalap Si Jago Merah, 600 Buku SD Jadi Arang
Kebakaran di SDN di Kabupaten Sampang terbakar. (Beritajatim.com)

Selain itu, ratusan buku juga basah saat pemadam kebakaran berusaha memadamkan si jago merah yang melalap gedung perpustakaan.

Suara.com - Peristiwa kebakaran yang terjadi di SDN Gunung Sekar 6, Jalan Manggis, Kelurahan Gunung Sekar, Kabupaten Sampang, Senin (10/12/2018) mengakibatkan sebanyak 600 buku yang tersimpan di gedung perpustakaan harus terbakar.

Selain itu, ratusan buku juga basah saat pemadam kebakaran berusaha memadamkan si jago merah yang melalap gedung perpustakaan.

"Setelah ditaksir akibat kebakaran itu ratusan buku hangus terbakar. Sedangkan sisanya hanya mengalami basah dan masih bisa dijemur untuk dimanfaatkan kembali," kata Kabid Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Disdik Kabupaten Sampang, Ach Mawardi seperti dikutip Beritajatim.com, Sabtu (15/12/2018).

Terkait hangus buku di perpus tersebut, pemerintah Kabupaten Sampang sedang menyiapkan dana untuk memasok buku baru ke sekolahan tersebut.

"Dari 13 item penggunaan dana BOS, lima persen dana bos bisa dipakai untuk kebutuhan itu. Dan tentunya kami akan melihat koleksi buku mana yang perlu dibantu pada tahun anggaran 2019 mendatang," terang

Lanjut Mawardi, sedangkan untuk kerusakan fisik gedung, biaya perbaikan kerusakan meliputi perbaikan asbes yang rusak akibat pembasahan saat pemadaman api, sebagian kaca yang pecah, pengecetan serta dua rak buku.

"Setelah tim melakukan penghitungan, ternyata bisa diperbaiki memakai dana BOS pada pencairan 2019 mendatang," tandasnya

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS