Bobotoh Dukung Jokowi - Ma'ruf, Ketum The Jakmania: Kami ke Persija

Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Bobotoh Dukung Jokowi - Ma'ruf, Ketum The Jakmania: Kami ke Persija
Perwakilan Bobotoh dukung Jokowi - Ma'ruf di Pemilu 2019. (Suara.com /M. Yasir)

Ferry menilai dukungan tersebut merupakan hak dari Bobotoh.

Suara.com - Ketua Umum The Jakmania, suporter Persija Jakarta Ferry Indrasjarief tak ingin mengomentari dukungan sebagian Bobotoh kepada pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Joko Widodo atau Jokowi -Ma'ruf Amin di Pemilu 2019. Diketahui, perwakilan Bobotoh, suporter tim sepak bola Persib Bandung baru-baru ini mendatangi kediaman Ma'ruf Amin untuk memberikan dukungannya secara langsung.

Ferry menilai dukungan tersebut merupakan hak dari Bobotoh.

"Iya itu hak mereka, bukan organisasi saya jadi saya nggak enak untuk komentar sama mereka," ujar Ferry kepada Suara.com, Jumat (4/1/2019).

The Jakmania, kata Ferry, tak akan memberikan dukungan kepada pasangan capres - cawapres Jokowi - Ma'ruf ataupun kepada Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Ia menegaskan, The Jakmania dibentuk untuk mendukung klub kesayangan yakni Persija Jakarta, bukanlah untuk berpolitiik.

"Dukungan kita kan sudah ada ke Persija. Nggak (dukung kedua capres-cawapres) lah. Jakmania itu didirikan bukan untuk berpolitik, didirikan untuk dukung persija," jelas dia.

Kendati demikian, Ferry mempersilahkan jika ada anggotanya yang ingin memberikan dukungan politik kepada salah satu kandidat Capres - Cawapres di Pemlilu 2019. Namun The Jakmania dalam hal ini tidak memberikan dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf atau Prabowo-Sandiaga.

"Jadi kalau (dukungan) politik silahkan anggotanya masing-masing," tandasnya.

Sebelumnya, Bobotoh memberikan dukungannya kepada Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Joko Widodo atau Jokowi - Maruf Amin. Rekam jejak Jokowi selama menjadi presiden menjadi alasan mereka mendeklarasikan dukungan tersebut.

Perwakilan Bobotoh, Rendra menuturkan dukungan tersebut merupakan atas instruksi langsung Ketua Umum Viking Persib Club (VPC), Heru Joko. Heru tidak bisa hadir lantaran sedang melakukan peresmian distrik VPC anniversary di Jepang.

"Kenapa kami mendukung Pak Jokowi - Maruf Amin, selain perintah langsung dari Pak Ketua Heru Joko yang saat ini ada di Jepang, kita mendukung Pak Jokowi - Maruf Amin kita lihat track recordnya Pak Jokowi," tutur Rendra di kediaman Ma'ruf Amin, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (2/1/2019).

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS