Kendaraan Dibakar Orang Misterius, Pelaku Mengendap dan Lempar Molotov

Dwi Bowo Raharjo
Kendaraan Dibakar Orang Misterius, Pelaku Mengendap dan Lempar Molotov
Mobil dibakar orang misterius di Semarang. (Suara.com/Adam Iyasa)

Sejauh ini terdapat 12 kejadian kendaraan roda dua dan empat dibakar orang misterius di Kota Semarang.

Suara.com - Sejauh ini terdapat 12 kejadian kendaraan roda dua dan empat dibakar orang misterius di Kota Semarang, Jawa Tengah. Kejadian tersebut terjadi di sejumlah tempat di Semarang.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abioso Seno Aji mengatakan modus pelaku pembakaran ini melancarkan aksinya dengan melemparkan kain yang dimasukkan kedalam botol plastik atau plastik yang diisi bahan bakar.

"Pelaku yang diduga seorang laki-laki menggunakan sepeda motor melemparkannya ke arah bagian depan mobil dan langsung melarikan diri," kata Seno, Sabtu (2/2/2019).

Seno menerangkan, tempat kejadian perkara pembakaran mobil di Kota Semarang antara lain, Jumat (4/1/2019) di Jalan Puspogiwang I, Selasa (8/1/2019) di Jalan Irigasi, Kamis (10/1/2019) di Jalan Gaharu Utara Banyumanik, Kamis (31/1/2019) di Jalan Ciliwung Raya Mlatiharjo, dan terbaru di Jalan Genuk Karang Lo Candisari Jumat (1/2/2019).

Sementara pembakaran motor ada di Perum Beringin Ngaliyan pada Senin (28/1/2019), dan terbaru di Jalan Menoreh Timur II RT 3 RW 4, Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur, Sabtu (2/1/2019) pagi.

Kerusakan yang ditimbulkan akibat pembakaran itu bervariasi ada yang nyaris hangus terbakar habis, ada juga yang terbakar bagian depannya. Penyebab body mobil hangus akibat api yang dilakukan secara sengaja atau dibakar.

Abioso menyebut, jika pelaku melaksanakan aksinya menjelang subuh. Seperti yang terjadi di Jalan Genuk Karanglo, Candisari, mobil Sigra H 8672 FG warna hitam dibakar pukul 04.15 WIB. Serta di Jalan Ciliwung Raya, Mlatiharjo, mobil Daihatsu Alya K 9478 ED dibakar pada pukul 03.45 WIB.

"Baik mobil dan motor dibakar pada jam menjelang Subuh antar pukul 03.00 - 04.30 WIB. Pakai molotov berbahan bakar minyak," tandas Abioso.

Salah satu pemilik kendaraan Dodi Handono (71) mengatakan mobil jenis Sigra terbakar saat tengah parkir di depan rumah di Jalan Genuk Karanglo, Candisari, seitar pukul 04.15 WIB, Jumat (1/2/2019).

"Terdengar teriakan kebakaran dari luar rumah, saya lihat jendela, mobil sudah terbakar," kata Dodi.

Api membakar dan melelehkan bodi mobil Sigra bagian depan. Dodi dibantu para tetangga memadamkan api selama 30 menit.

Korban lainnya, Diyono, Tiga unit sepeda motor yang terpakir di teras rumah di Jalan Menoreh Timur II RT 3 RW 4, Kelurahan Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur, jadi sasaran pelaku misterius, Sabtu (2/2/2019) pagi.

"Saat adzan subuh, saya dengar ada suara motor berhenti depan rumah lalu ada api menyala di teras," kata Adiyantoro, anak Diyono.

Selang 20 menit kemudian, api bisa dipadamkan menggunakan ember berisikan air. Setelah dilakukan pengecekan, empat motor yang terparkir di teras, tiga motor terjilat api. Yakni Honda Beat bernomor polisi H 5239 DJ, Supra H 6816 BG, dan Vario H 4444 ATG.

Sepeda motor Honda Beat mengalami kerusakan paling parah. Seluruh busa jok terbakar, juga sedikit melelehkan bodi bawah stang Beat. Sementar dua kendaraan lain hanya terbakar ringan. Sebuah jas hujan yang digunakan untuk menutup Beat dan Supra turut terbakar.

"Tidak ada bekas botol hanya kami sempat melihat ada kain terbakar. Dari bau kainnya seperti ada kandungan minyak tanah yang dicampur bahan bakar lain," ujar Adiyantoro. 

Kontributor : Adam Iyasa

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS