Sama-sama Penyintas Kanker, Sutopo BNPB: Tanda Allah Sayang Ani Yudhoyono

Bangun Santoso | Chyntia Sami Bhayangkara
Sama-sama Penyintas Kanker, Sutopo BNPB: Tanda Allah Sayang Ani Yudhoyono
Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ani Yudhoyono. [Antara/Anis Efizudin]

Istri Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono divonis dokter mengidap kanker darah

Suara.com - Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho memberikan doa kesembuhan atas penyakit kanker darah yang diidap oleh istri Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono.

Diketahui, Sutopo juga seorang penyintas kanker paru stadium 4B. Ia menyebut, sakit kanker merupakan tanda sedang disayang Allah.

Sudah lebih dari setahun lamanya Sutopo berjuang melawan kanker yang menggerogoti tubuhnya. Oleh karenanya, ia sangat memahami betul bagaimana kondisi Ani Yudhoyono saat ini.

"Ibu Ani sakit kanker darah tanda Allah sayang sama Ibu. Allah sedang menguji kesabaran, kekuatan dan taqwa kita agar kita senantiasa berdoa," kata Sutopo melalui siaran pers yang diterima Suara.com, Kamis (14/2/2019).

Saat ini, Sutopo sendiri tengah menjalani kemoterapi ke-9 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Bagi setiap penyintas kanker yang baru mengetahui sakit yang dideritanya, biasanya akan mengalami syok berat. Rasa bingung dan sedih menyelimuti hati hingga merasa Tuhan tidak memperlakukan diri secara adil.

"Bu Ani, mungkin saya bukanlah siapa-siapa bagi Ibu Ani. Tapi saya sebagai penyintas kanker, memahami bagaimana sakitnya secara lahiriah dan batiniah ketika dokter memvonis sakit kanker," imbuh Sutopo.

Namun demikian, penyakit kanker dapat dilawan dengan pikiran positif dan dukungan kuat dari keluarga. Sutopo sebagai sesama penyintas kanker menitipkan pesan agar Ani Yudhoyono tetap berpikir positif dan optimis bisa sembuh dari penyakit yang diderita.

"Yang penting Ibu Ani tetap semangat, ikhlas menerima ujian sakit kanker darah ini, terus berdoa dan ikhtiar, serta selalu bersyukur kepada Allah SWT karena masih banyak kenikmatan dan kesehatan tubuh lain yang Allah limpahkan kepada Ibu Ani," pungkas Sutopo.

Sakit yang diderita Ani Yudhoyono terungkap ke publik melalui sebuah video. Dalam video itu, SBY mengumumkan penyakit yang diderita oleh sang istri. Sejak 2 Februari 2019, Ani Yudhoyono menjalani perawatan di National University Hospital, Singapura.

Rangkaian perawatan intensif yang dijalani oleh Ani Yudhoyono sesuai dengan rekomendasi tim dokter Kepresidenan Indonesia.

"Sejak tanggal 2 februari 2019 yang lalu ibu Ani menjalani medical treatment di Singapura atas rekomendasi tim dokter Kepresidenan Indonesia,” ungkap SBY.

Selama menjalani pengobatan di Singapura, SBY selalu setia menemani sang istri. SBY pun membatalkan seluruh pertemuan yang seharusnya ia hadiri demi mendampingi dan memberikan dukungan terhadap sang istri tercinta.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS