Kasus Penayangan Skor Fiktif, Akun Bola Gila dan tvOne Akhirnya Berdamai

Agung Sandy Lesmana | Yosea Arga Pramudita
Kasus Penayangan Skor Fiktif, Akun Bola Gila dan tvOne Akhirnya Berdamai
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono. (Suara.com/ Walda Marison)

"Itu semua dari tvOne dan terlapor sudah ada komunikasi, sudah ada musyawarah," ujar Argo saat dikonfirmasi, Jumat (15/2/2019).

Suara.com - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terlapor akun Instagram @bola_gila akhirnya menempuh jalur damai dengan manejemen tvOne yang menjadi pelapor dalam kasus tersebut.

"Itu semua dari tvOne dan terlapor sudah ada komunikasi, sudah ada musyawarah," ujar Argo saat dikonfirmasi, Jumat (15/2/2019).

Namum saat disinggung terkait berkas kasus sudah dihentikan atau di SP3, Argo mengaku belum tahu pasti. Dirinya meminta waktu untuk terlebih dulu melakukan pengecekan ke penyidik.

"SP3 harus sudah sidik. Jadi, saya cek dulu apakah sudah atau belum ya," tambahnya.

Sebelumnya, manajemen tvOne melaporkan pemilik akun Instagram @bola_gila, karena mengunggah bidik layar tayangan berita baris skor laga Argentina versus Perancis dalam Piala Dunia 2018 Rusia yang sudah diedit sepihak. Skor yang sudah diedit itu, tidak sama dengan kenyataannya.

General Manager News Gathering tvOne, Ecep S Yasa menganggap penayangan skor fiktif pertandingan sepak bola melalui foto yang beredar di medsos telah merugikan nama perusahaannya.

"Ini kan sebuah berita bohong yang dipublikasikan di sosmed. Tidak bisa dipertanggung jawabkan. Mungkin maksudnya bercanda, tapi dampaknya sangat serius,” kata Ecep di Polda Metro Jaya, Senin (2/7/2018).

Laporan tersebut telah diterima polisi dengan nomor LP/3427/VII/2018/PMJ/Ditreskrimsus. Meski terlapor dalam kasus ini masih dalam penyelidikan, tvOne melaporkan Pasal 35 Jo Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 36 Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS