Kemarin, Mantan Mensos Era Soeharto, Nani Sudarsono Dimakamkan

Fabiola Febrinastri
Kemarin, Mantan Mensos Era Soeharto, Nani Sudarsono Dimakamkan
Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial, Hartono Laras bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman mantan Menteri Sosial, Nani Sudarsono, di Taman Makam Pahlawan Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta, Minggu (17/2/2019). (Dok: Kemensos)

Ia meninggal dunia karena sakit.

Suara.com - Jenazah mantan Menteri Sosial, Nani Sudarsono, dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial, Hartono Laras bertindak sebagai inspektur upacara.

Ikut hadir mengantar almarhumah ke tempat peristirahatan terakhir sejumlah menteri Kabinet Pembangunan V, antara lain Akbar Tanjung, Oetoyo Oesman, dan Theo L Sambuaga.

"Keluarga besar Kementerian Sosial mengucapkan duka cita mendalam. Almarhumah telah memberikan pengabdian besar kepada negara, dan atas pengabdiannya dan jasa-jasanya, negara telah menganugerahkan berbagai macam tanda jasa dan bintang kehormatan kepada almarhumah, " kata Hartono, usai memimpin upacara pemakaman di TMPNU Kalibata, Minggu (17/2/2019).

Almarhumah tercatat mendapat beberapa penghargaan dari negara antara lain, Bintang Gerilya, Bintang Maha Putra Adhi Pradana, Bintang Kebaktian Sosial, dan lainnya.

Menurut Hartono, saat menjabat sebagai Mensos, almarhumah dikenal sebagai pribadi yang memberikan perhatian besar pada upaya meningkatkan kemitraan antara Kemensos dengan lembaga dan organisasi sosial.

"Di era kepemimpinan beliau, kemitraan masyarakat bersama pemerintah berjalan baik, sehingga jangkauan pelayanan, terutama dalam penanganan masalah sosial, cukup luas," katanya.

Hartono menambahkan, pada masa itu, kiprah lembaga-lembaga sosial cukup signifikan dan bahkan menjadi mitra strategis pemerintah.

Nani tercatat pernah menjadi Menteri Sosial pada Kabinet Pembangunan IV pada era pemerintahan Presiden Soeharto. Ia meninggal dunia karena sakit, setelah dirawat di RS Medistra, Jakarta, Sabtu (16/2/2019), sekitar pukul 15.10 WIB.

Nani lahir di Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, 28 Maret 1928. Ia merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia juga aktif di organisasi sosial dan politik.

Sebelum menjabat sebagai menteri, Nani yang bernama lengkap Rr Naryati, sudah memegang berbagai jabatan penting, antara lain Wakil Ketua DPP Golkar, anggota Komisi III DPR, Sekjen Kowani, dan Ketua Umum Himpunan Wanita Karya.

Nani menikah dengan Soedarsono pada 1953, yang merupakan teman kuliahnya di FH UGM. Pasangan ini dikaruniai seorang putra dan dua putri.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS