Api Membesar di Rumah Bamsoet karena Petugas Damkar Kesulitan Cari Air

Agung Sandy Lesmana
Api Membesar di Rumah Bamsoet karena Petugas Damkar Kesulitan Cari Air
Hasil bidik layat video viral kebakaran di rumah Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (istimewa)

"Saya mau bantu juga tapi rumahnya masih tertutup rapat dan banyak juga Pamdal di sekitar rumah," ujar Ayung.

Suara.com - Kediaman Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) di Jalan Baladewa RT 14, RW 4, Nomor B 11, Duren Sawit, Jakarta Timur dilalap si jago merah pada Minggu (17/2/2019). Peristiwa kebakaran itu terjai selepas Bamsoet ikut menghadiri debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat.

Seorang warga bernama Ayung (29) mengaku sempat terkejut saat api mulai merambat di bagian belakang rumah Bamsoet. Awalnya, Ayung melihat percikan api saat sedang berjualan di warung yang letaknya berada di depan rumah politikus Partai Golkar tersebut. Tidak lama, kata dia, warga sekitar pun ramai di depan rumah untuk melihat kejadian.

"Saya lagi nongkrong tiba-tiba terlihat api kecil dan keramaian di sekitar rumah. Apinya kelamaan mulai membesar," kata Ayung saat ditemui di sekitar rumah Bamsoet, Senin (18/2/2019).

Ayung juga menceritakan bahwa penanganan lambat yang membuat kobaran api semakin membesar. "Awalnya ada satu mobil pemadam yang datang untuk memadamkan api tapi tidak langsung ditindak karena tidak ada air," kata Ayung.

Penampakan pengamanan Pamdal di rumah Ketua DPR Bambang Soesatyo yang terbakar. (Suara.com/Fakhri)
Penampakan pengamanan Pamdal di rumah Ketua DPR Bambang Soesatyo yang terbakar. (Suara.com/Fakhri)

Lebih lanjut, Ayung mengaku tak bisa membantu memadamkan api karena saat itu rumah Bamsoet dijaga ketat anggota pengamanan dalam (Pamdal) DPR RI. Dari penjagaan itu, Ayung akhirnya mengurungkan niat untuk membantu memadamkan api.

"Saya mau bantu juga tapi rumahnya masih tertutup rapat dan banyak juga Pamdal di sekitar rumah," ujar Ayung.

Setelah itu, satu persatu unit pemadam kebakaran datang bergantian untuk mematikan si jago merah yang semakin membesar. Hingga akhirnya 4 unit mobil dikerahkan, barulah api mulai padam. Setelah itu pemadam kebakaran terus berdatangan sampai 11 unit.

Berdasarkan pantauan suara.com, saat ini sedang dilakukan penanganan sisa-sisa kebakaran di lokasi. Terlihat beberapa puing kursi, kayu-kayu dan kaca yang hangus terbakar dikeluarkan dari rumah.

Menurut petugas yang melakukan penanganan sisa kebakaran, Jepri (16) kebakaran terjadi di sebuah kamar di dalam rumah. Selanjutnya Jepri enggan memberi keterangan detil apakah ada benda lainnya atau barang elektronik yang terbakar.

Diduga kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik. Sampai saat ini petugas masih hilir mudik melakukan penjagaan di rumah Ketua DPR tersebut. (Fakhri Fuadi).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS