Sindir Prabowo, Hasto: Bumbu Ayam Bu Gundil Tak Pakai Bahan Impor

Agung Sandy Lesmana | Muhammad Yasir
Sindir Prabowo, Hasto: Bumbu Ayam Bu Gundil Tak Pakai Bahan Impor
Sekretaris TKN Jokowi-Maruf, Hasto Kristiyanto saat berwisata kuliner. (Suara.com/M. Yasir)

Menurut pengakuan sang pemilik, kata Hasto, seluruh bahan pokok dan bumbu masakannya asli dari Indonesia.

Suara.com - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo - Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto menyindir Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang kerap menyingung soal impor. Sindiran itu disampaikan Hasto saat melakukan wisata kuliner ke Warung Makan Ayam Bu Gundil di Sidoharjo, Pringsewu, Lampung, Sabtu (2/3/2019).

Hasto mengungkapkan Warung Makan Ayam Bu Gundil sebagai bukti makanan khas asli Indonesia tidak melulu harus menggunakan bahan baku dari impor. Menurut pengakuan sang pemilik kata Hasto, seluruh bahan pokok dan bumbu masakannya asli dari Indonesia.

"Ini rumah makan (ayam Bu Gundil) yang menyajikan masakan asli Indonesia, seluruh komponennya tidak ada yang impor. Jadi kalau Pak Prabowo mengatakan impor, impor, impor, ini ada yang impor enggak?" kata Hasto.

Pada kesempatan itu, Hasto juga menyempatkan diri untuk melihat proses memasak sayur nangka di dapur Warung Bu Gundil. Hasto mengatakan rahasia kenikmatan masakan warung makan Bu Gundil yakni berasal dari proses memasaknya yang masih menggunakan kayu bakar.

Selain itu, kata Hasto dari informasi anak Bu Gundil, masakan yang disajikan warung ini juga kaya akan bumbu. Setidaknya ada lebih ada sebelas macam bumbu yang disajikan warung Bu Gundil itu ke dalam sayur nangka yang biasa disajikan di warung tersebut.

"Itulah kayanya cita rasa Indonesia. Kalau makanan barat itu biasanya cuma dua bumbu. Biasanya garam dan lada. Kalau masakan Indonesia sampai 11 bumbu," ungkapnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS