Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Prabowo Jenius, Umur 12 Tahun Sudah Dapat Beasiswa Kuliah di AS?

Reza Gunadha
CEK FAKTA: Prabowo Jenius, Umur 12 Tahun Sudah Dapat Beasiswa Kuliah di AS?
Prabowo Subianto bertemu masyarakat di GOR Gotong Royong, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (6/3/2019).[Dok Timses Prabowo]

Dari kecil aura kepintarannya sudah jelas terlihat. Jenjang SD dilalui hanya dalam waktu 4 tahun. SMP cuma satu tahun, dan SMA pun cuma dilalui hanya dalam waktu setahun juga.

Suara.com - Meme yang memuat foto Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto beserta tulisan mengenai biodata pendidikannya, menggegerkan warganet sejak Kamis (7/3) pekan ini.

Sebab, dalam meme itu disebutkan, Prabowo hanya membutuhkan waktu yang tak lama untuk menyelesaikan pendidikan formal dari SD sampai kesarjanaan.

Meme tersebut kali pertama diunggah dan disebar oleh akun Facebook bernama Adi Mochtar Sanjaya. Hingga Sabtu (9/3/2019), unggahan itu telah 152 kali disebar ulang dan mendapat puluhan komentar.

[Facebook/Adi Mochtar Sanjaya]
[Facebook/Adi Mochtar Sanjaya]

Klaim yang diperiksa:

Pada meme itu terdapat tulisan: "Beda level pak ekoooo. Si jenius ini hanya butuh SD cuma 4 tahun; SMP cuma 1 tahun; SMA cuma 1 tahun; Usia 12 tahun sudah mendapat beasiswa masuk perguruan tinggi di Amerika. Anda tahu siapa dia?"

Selain meme itu, pengunggah juga menyertakan tulisan keterangan sebagai berikut:

Assalamu’alaikum warahmatulalahi wabarakatuh…

Mari kita kenali lebih dekat lagi. Tak kenal maka tak sayang, sudah kenal tapi malah kejang berarti Akal sehatnya udah hilang.

Dari kecil aura kepintarannya sudah jelas terlihat. Jenjang SD dilalui hanya dalam waktu 4 tahun. SMP cuma satu tahun, dan SMA pun cuma dilalui hanya dalam waktu setahun juga.

Lalu masuk kuliah dengan beasiswa di negara luar, yaitu Amerika saat usianya masih 12 tahun, siapa dia? Siapa lagi kalau bukan Prabowo.

Ini saatnya kita harus memiliki PRESIDEN yang brilian seperti Habibie. Kini Indonesia baru sudah ada di depan mata kita.

Prabowo nanti pada tanggal 17 April 2019, jangan lupa pilih Prabowo – Sandi untuk membawa bangsa ini menuju Indonesia menang.

Fakta

Berdasarkan berkas riwayat hidup PRabowo Subianto yang bisa diunduh melalui laman daring KPU.go.id, disebutkan Prabowo lahir pada tanggal 17 Oktober 1951.

Sementara pada kolom pendidikan Prabowo tertera data sebagai berikut:

TK: Sekolah Sumbangsih, Jakarta (1956-1957)

SD: The Dean School, Singapura (1957-1960)

SD: Glenealy Junior School, Hongkong (1960-1962)

SMP: Victoria Institute, Kuala Lumpur, Malaysia (1962-1964)

SMP: Zurich International School (1964-1966)

SMA: The American School in London, Inggris (1966-1968)

Akademi Militer Nasional, Magelang (1970-1974).

[KPU]]
[KPU]]

Karenanya, berdasarkan data itu, Prabowo menempuh SD selama 5 tahun pada usia 6-11 tahun. Jenjang SMP ditempuh Prabowo dalam 4 tahun yakni sejak usia 11 sampai 15 tahun.

Sementara jenjang SMA selama 2 tahun pada usia 15-17 tahun.

Dengan demikian, klaim Prabowo menempuh SD selama 4 tahun, SMP serta SMA masing-masing setahun adalah salah.

Mengenai beasiswa, diketahui Prabowo sempat berkuliah di University of Colorado dan George Washington University, AS, sebelum masuk AKABRI. Tapi tak ada satu pun yang disebut mendapat beasiswa.

Kesimpulan

Atas uraian fakta yang ada, maka bisa dikatakan meme dan penjelasan akun tersebut soal riwayat pendidikan Prabowo termasuk disinformasi alias kabar menyesatkan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS