Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Lia Eden Dukung Jokowi dan Kerahkan Alien Kalahkan Prabowo

Reza Gunadha
CEK FAKTA: Lia Eden Dukung Jokowi dan Kerahkan Alien Kalahkan Prabowo
[Net]

"Lia Eden: Kami Akan Kerahkan Alien untuk Bantu Jokowi, Prabowo Akan Kalah Telak!"

Suara.com - Publik kembali dibuat heboh oleh sejumlah laman daring, yang memuat artikel bombastis menjelang Pemilu dan Pilpres 2019.

Kali ini, sejumlah laman daring menerbitkan artikel mengenai Lia Eden—pemimpin sekte sinkretisme—yang disebut mendukung Calon Presiden nomor urut 1 Jokowi.

Klaim yang diperiksa

Salah satu laman daring yang menerbitkan artikel itu adalah asiasatu.online.

Pada tanggal 4 Maret 2019, laman tersebut menerbitkan artikel berjudul "Lia Eden: Kami Akan Kerahkan  Alien untuk Bantu Jokowi, Prabowo Akan Kalah Telak!"

Hasil bidik layar artikel maupun tautan laman daring tersebut ramai disebar di media-media sosial sampai hari SAbtu (9/3/2019).

Hal yang sama juga dilakukan laman daring bernama tribuninf0.blogspot.com. Laman itu juga turut menerbitkan artikel dengan judul dan isi yang sama.

[Asiasatu.online]
[Asiasatu.online]

Fakta:

Artikel tersebut hanya mendaur ulang artikel yang diterbitkan laman daring yang terverifikasi oleh Dewan Pers, yakni Tempo.co.

Tempo sendiri menerbitkan artikel berjudul "Lia Eden Minta Izin Jokowi untuk Mendaratkan UFO di Monas", pada tanggal 5 Juni 2015.

Pada tahun itu, banyak media daring juga menerbitkan artikel sama.

Oleh laman-laman tersebut, artikel dari Tempo itu dibubuhkan dua paragraf tambahan yang dijadikan lead alias paragraf pertama, dan kutipan langsung pada paragraf kedua, sebagai berikut:

Arus rakyat yang semakin deras untuk mengganti presiden membuat Lia Eden turun tangan.Ia berjanji akan mengerahkan pasukan alien untuk membantu kemenangan Jokowi.

"Jika alien sudah membantu, kemenangan Jokowi sudah di depan mata. Prabowo akan kalah telak!" kata salah seorang pengikut Lia Eden.

Sementara paragraf-paragraf selanjutnya menyadur artikel Tempo secara keseluruhan.

[Tempo.co]
[Tempo.co]

Kesimpulan

Atas uraian fakta yang ada, maka bisa dikatakan artikel Lia Eden mendukung Jokowi dan akan mengerahkan alien untuk mengalahkan Prabowo adalah bohong alias hoaks.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS