Jelang Kampanye Terbuka, Kemenko Polhukam Gelar Rakor Tertutup

Chandra Iswinarno | Fakhri Fuadi Muflih
Jelang Kampanye Terbuka, Kemenko Polhukam Gelar Rakor Tertutup
Rakor tertutup membahas kampanye terbuka yang digelar di Kantor Kemenko Polhukam dipimpin Menko Polhukam Wiranto, Rabu (20/3/2019). [Suara.com/Fakhri Fuadi]

Rapat ini juga diikuti berbagai elemen pengamanan di daerah. Namun mereka tidak hadir langsung, melainkan mengikuti rapat lewat video telekonferensi.

Suara.com - Kementerian Koordinator Politik Hukum dan HAM (Kemenko Polhukam) menggelar rapat untuk membahas keamanan selama masa kampanye terbuka Pemilu 2019.

Rapat yang diadakan Rabu (20/3/2019) juga dilakukan melalui video telekonferensi.

Rapat tersebut dihadiri Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan dan Wakil Kepala BIN Letjen TNI Teddy Lhaksamana Widya Kusuma.

Dalam rapat tersebut akan dibahas mengenai kesiapan pengamanan tahapan masa rapat umum atau kampanye, serta tahapan penghitungan suara.

"Hari ini kita lakukan konsolidasi dengan melakukan rapat koordinasi dengan seluruh pejabat, baik pejabat yang berwenang masalah keamanan, yang berwenang masalah penyelenggaraan dan yang berwenang memfasilitasi penyelenggaraan pemilu ini," ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2019).

Rapat ini juga diikuti berbagai elemen pengamanan di daerah. Namun mereka tidak hadir langsung, melainkan mengikuti rapat lewat video telekonferensi.

Menurut Wiranto, keamanan selama masa kampanye sampai Pemilu yang akan dilaksanakan pada 17 April nanti tidak akan terwujud secara tiba-tiba.

Ia mengemukakan, diperlukan koordinasi yang baik dan kerja sama dari seluruh aparat keamanan.

"Kita harus sadar bahwa keamanan Pemilu bukan kondisi yang jatuh dari langit tapi merupakan satu hasil kerja keras, kerja sama dan kerja ikhlas dari seluruh aparatur keamanan nasional, jelas Wiranto.

Rapat tersebut dimulai pukul 09.30 WIB dan diselenggarakan secara tertutup. Sebelumnya, Wiranto mengaku sudah melakukan rapat bersama KPU dan Bawaslu menjelang rapat ini.

"Beberapa hari yang lalu kita menggelar rapat antara aparat keamanan dengan KPU dan Bawaslu, intinya adalah melakukan kesiapan dalam rangka menghadapi akhir tahapan Pemilu," jelas Wiranto.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS