Mudik, Kemenhub Siapkan Jasa Angkut Motor Gratis Sebanyak 18.096 Unit

Iwan Supriyatna | Muslimin Trisyuliono
Mudik, Kemenhub Siapkan Jasa Angkut Motor Gratis Sebanyak 18.096 Unit
Ilustrasi ratusan pemudik bersepeda motor.

Kementerian Perhubungan menyediakan jasa angkut motor gratis dengan menggunakan kereta api.

Suara.com - Kementerian Perhubungan menyediakan jasa angkut motor gratis dengan menggunakan kereta api jelang mudik lebaran 2019. Kuota yang disediakan sebanyak 18.096 unit untuk di Pulau Jawa.

Hal tersebut disampaikan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Perkeretaapian Kemenhub, Zulma Efendi. Zulma menyebutkan, kapasitas angkut yang disediakan tahun 2019 sebanyak 9.744 unit untuk arus mudik sedangkan untuk arus balik disediakan sebanyak 8.352 unit.

"Penyelenggaraan motor gratis dengan kereta api sudah dibuka 12 Maret sampai 25 Mei 2019, pendaftaran dibuka kesempatan online dan pendaftaran secara langsung melalui stasiun," ujar Zulma Efendi di Gedung Kementerian Perhubungan, Kamis (21/3/2019).

Jasa angkut gratis motor untuk mudik lebaran ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan. Setidaknya Kementerian Perhubungan menyediakan tiga lintasan untuk mengangkut motor pemudik.

Lintas Utara mengangkut dari Jakarta sampai stasiun Surabaya Pasar Turi. Lintas Selatan satu melalui Stasiun Jakarta Gudang sampai Stasiun Kutoarjo.

Sedangkan ketiga melalui Lintas Selatan dua dari Stasiun Jakarta Gudang sampai Stasiun Surabaya Pasar Turi.

Ia menyebutkan, peserta yang sudah mendaftar saat ini sudah mencapai 70 persen. Sedangkan peserta sudah disetujui untuk mengikuti jasa angkut motor gratis baru 6.191 unit.

"Saat ini posisi pendaftar sudah mencapai 12.433 unit," tambahnya.

Pengangkutan motor peserta pada arus mudik akan dilakukan pada tanggal 27 Mei sampai 2 Juni 2019. Sedangkan untuk arus balik dari tanggal 8-12 Juni 2019.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS