Pemilu 2019, 49 Distrik di Yahukimo Tidak Menggelar Pencoblosan

Chandra Iswinarno
Pemilu 2019, 49 Distrik di Yahukimo Tidak Menggelar Pencoblosan
Komisi Pemilihan Umum atau KPU menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2019. (Suara.com/Yasir)

Pemilih di kedua distrik tersebut bisa melakukan sistem pencoblosan karena terjangkau dengan kendaraan roda dua dan empat.

Suara.com - Sebanyak dua distrik di Kabupaten Yahukimo, Papua akan menggunakan sistem pencoblosan dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Sedangkan, 49 distrik akan tetap menggunakan sistem noken.

Dua distrik yang menggunakan sistem coblos langsung, yakni Kurima dan Dekai Kota.

Dalam penjelasannya, Ketua KPU Yahukimo Didimus Busup mengemukakan, pemilih di kedua distrik tersebut bisa melakukan sistem pencoblosan karena wilayahnya terjangkau dengan kendaraan roda dua dan empat.

"Distrik Kurima, logistiknya bisa dikirim dari Wamena dan akan dibawa melalui kendaraan. Jaraknya 30 menit dari Kota Wamena," katanya dilansir Jubi.co.id, baru-baru ini.

Pengiriman logistik Pemilu ke Dekai, lanjut Busup, dilakukan melalui Jayapura. Hanya saja, pengirimannya mengalami keterlambatan karena koordinasi antara pihak ketiga dengan KPU Yahukimo tidak berjalan dengan baik.

Sehingga, logistik baru terkirim tuntas pada 19 Maret 2019.

Sementara itu, Warga Yahukimo Thinus Asso menyatakan keberatan dengan pemilihan menggunakan sistem noken. Ia mengatakan sistem noken akan membuat masyarakat kecil tidak leluasa menentukan pilihan saat menggunakan suaranya.

Dalam sistem noken diberlakukan penentu suara diserahkan kepada kepala suku, sehingga warga hanya ikut keputusan kepala suku.

Persoalan tersebut, dikatakannya, bakal menjadi sumber konflik di wilayah Yahukimo lantaran banyak yang maju jadi calon legislatif, namun belum memahami dengan baik cara politik.

Karena itu, ia menyarankan agar KPU Yahukimo bisa menunda pemilihan tahun 2019. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS