Klarifikasi Tokopedia soal Admin Retweet 'Pulangkan Jokowi ke Solo'

Rendy Adrikni Sadikin
Klarifikasi Tokopedia soal Admin Retweet 'Pulangkan Jokowi ke Solo'
Ilustrasi logo Tokopedia (YouTube/Google Play).

Tokopedia akhirnya mengklarifikasi soal tindakan retweet admin TokopediaCare

Suara.com - Terkait tindakan admin Twitter @TokopediaCare yang me-retweet 'Pulangkan Jokowi ke Solo', pihak Tokopedia menilai itu merupakan aktivitas pihak yang tak bertanggung jawab.

"Setelah melakukan investigasi lebih lanjut, kami mendapati bahwa aktivitas tersebut berasal dari pihak yang tidak bertanggung jawab," ujar VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat oleh SUARA.com, Jumat (22/3/2019).

Kini, pihak Tokopedia mengatakan tengah bekerja sama dengan pihak Twitter untuk menghapus kicauan serta mengamankan akun, sekaligus melakukan investigasi lebih lanjut.

"Saat ini, kami sedang bekerja sama dengan pihak Twitter, menghapus tweet dan mengamankan akun, sekaligus terus melakukan investigasi lebih lanjut," kata Nuraini Razak.

Selain itu, Tokopedia menegaskan netralitasnya, tidak berpihak serta tidak menjurus kepada pandangan politik apa pun. Mereka menghargai pilihan setiap masyarakat Indonesia.

"Kami juga ingin menegaskan bahwa Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia yang menghargai pilihan setiap masyarakat Indonesia. Namun sebagai institusi, Tokopedia selalu netral dan tidak berpihak pada pilihan atau pandangan politik apapun," ujar Nuraini Razak.

Sebelumnya diberitakan, admin jejaring sosial Twitter @tokopediacare diduga me-retweet kicauan yang menyerukan untuk memulangkan Presiden Joko Widodo alias Jokowi ke kota asalnya, Solo, Jawa Tengah.

Hasil retweet akun resmi layanan customer care Tokopedia tersebut tepergok oleh sejumlah warganet. Meski retweet itu disinyalir sudah dihapus, jejak digitalnya disebarkan oleh warga Twitter.

Dalam jejak digital tersebut, kicauan dari warga Twitter pengguna akun @CakKhum yang menyerukan warganet untuk me-retweet cuitannya untuk melancarkan perjalanan Jokowi ke Solo.

"Kita tes nih yang ingin pulangkan JKW ke Solo. Retweet, kalau tembus 10 ribu retweet Insya Allah lancar perjalanannya ke Solo #17AprilGoodByeJokowi," cuit akun @CakKhum.

Akun @CakKhum juga menyelipkan tautan artikel di sebuah laman media daring (dalam jaringan--RED) dengan judul 'Gerindra: Insyaallah Jokowi akan Kita Pulangkan ke Solo'.

Nah, di bagian atas akun tersebut, terselip notifikasi bahwa akun TokopediaCare telah ikut me-retweet kicauan tersebut.

"TokopediaCare Retweet," demikian tertulis di notifikasi tersebut.

Jejak digital akun TokopediaCare diduga retweet pulangkan Jokowi ke Solo. [Twitter]
Jejak digital akun TokopediaCare diduga retweet pulangkan Jokowi ke Solo. [Twitter]

Sejumlah warganet ramai-ramai mempertanyakan maksud dari aksi retweet yang dilakukan oleh admin TokopediaCare sebagai akun layanan pelanggan Tokopedia.

"Balas donk @tokopediacare Apa maksudnya me-retweet ini????? Sejak kapan Toped turun ke politik? Soalnya udah mulai viral beritanya," kicau akun @kalenopi.

"@tokopedia @tokopediacare ditunggu klarifikasinya alasan meretweet ini. Kalau ini kesengajaan dari adminnya, mohon segera ditindak," cuit akun @itaveno1.

Jejak digital akun TokopediaCare diduga retweet pulangkan Jokowi ke Solo. [Twitter]
Jejak digital akun TokopediaCare diduga retweet pulangkan Jokowi ke Solo. [Twitter]

TokopediaCare merupakan akun bercentang biru. Disebutkan dalam profil akun tersebut, "Satu-satunya akun resmi layanan Customer Care Tokopedia yang siap membantu Toppers setiap hari."

Hingga berita ini disusun, Suara.com masih menunggu konfirmasi dari pihak Tokopedia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS