Kubu Prabowo Beberkan Beda Rumah Siap Kerja dengan Balai Latihan Pemerintah

Reza Gunadha | Ria Rizki Nirmala Sari
Kubu Prabowo Beberkan Beda Rumah Siap Kerja dengan Balai Latihan Pemerintah
Cawapres Sandiaga Uno (kanan) berjanji siap menunaikan janji Presiden Jokowi soal saham Indosat. (Suara.com/Novian Ardiansyah)

"Nah di situ kan ada lembaga NGO mungkin yang bisa mendukung, institusi negara bisa juga, dan perusahaan, ujarnya.

Suara.com - Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno mempersiapkan program Rumah Siap Kerja, bagi generasi muda Indonesia. Program itu disiapkan untuk mengantisipasi ledakan bonus demografis usia produktif pada masa mendatang.

Tim Ahli Sandinomics, Alex Yahya Datuk menjelaskan Prabowo – Sandiaga siap membantu anak-anak muda di Indonesia menghadapi tantangan global dengan kemampuan yang mumpuni.

Namun, Alex enggan menyamakan Rumah Siap Kerja dengan Badan Latihan Kerja (BLK) yang sudah disediakan oleh pemerintah.

"Dalam Rumah Siap Kerja itu ada fungsi pertama itu konsultasi. Jadi si anak muda itu datang dan lalu berkonsultasi dengan konsultan yang profesional biasanya adalah pakar-pakar yang mungkin berlatarbelakang psikologi," kata Alex dalam acara 'Referendum Ekonomi Yang Aman, Adil Makmur untuk Rakyat Indonesia' di Prabowo - Sandiaga Media Center, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Jumat (22/3/2019).

Rumah Siap Kerja dijelaskan Alex memiliki konsep youth job center atau pusat lapangan kerja bagi anak muda yang sudab dijalankan di beberapa negara.

Di mana banyak dari anak-anak yang berasal dari lulusan SMA masih kebingungan memutuskan masa depannya.

Selain memberikan konsultasi, Rumah Siap Kerja juga menyediakan pelatihan bagi para anak-anak muda yang memutuskan untuk memilih jalur di luar akademis, semisal menjadi wirausahawan.

Namun, Alex menegaskan Rumah Siap Kerja tidak akan menjadi penyelenggara pelatihan, akan tetapi nantinya Rumah Siap Kerja akan bekerja sama dengan organisasi, institusi negara, bahkan perusahaan swasta.

"Nah di situ kan ada lembaga NGO mungkin yang bisa mendukung, institusi negara bisa juga, dan perusahaan,” ujarnya.

Kemudian Rumah Siap Kerja juga memudahkan anak-anak muda mendapatkan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan minatnya. Bekerja sama dengan banyak perusahaan, nantinya Rumah Siap Kerja menjadi jembatan antara pencari pekerjaan dengan pencari pegawai.

"Kita data dan kita link and match dengan market yang ada, bilamana sudah ada tersedia maka kita akan salurkan," ujarnya.

Apabila anak-anak muda itu belum mendapatkan pekerjaan yang pas, Rumah Siap Kerja juga tidak akan berdiam diri sampai situ.

Alex menjelaskan, kalau Rumah Siap Kerja tersebut akan memberikan kegiatan-kegiatan positif seperti olahraga atau beribadah. Dengan begitu, setidaknya anak-anak muda Indonesia memiliki mental yang bagus dengan akhlak yang baik.

"Ini adalah membangun manusia, ini adalah membangun bangsa kita untuk siap berkompetisi di era yang demikian kompetitif terutama ketika kita mengantisipasi bonus demografi 2030-2040," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS