PKS Disebut Vox Populi Tak Bakal Lolos ke DPR, Nur Wahid: Saya Kasih Award

Reza Gunadha | Novian Ardiansyah
PKS Disebut Vox Populi Tak Bakal Lolos ke DPR, Nur Wahid: Saya Kasih Award
Wakil Ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Hidayat Nur Wahid. (Suara.com/Ria Rizki)

"Oh hebat, Vox Populi hebat sekali, saya kasih award. Saya mengatakan Vox Populi hebat banget lebih hebat dari Litbang Kompas malah."

Suara.com - Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid menyindir hasil survei elektabilitas partai politik peserta Pemilu2019, yang dipublikasikan lembaga Vox Populi.

Sebab, dalam hasil jajak pendapat Vox Populi, elektabilitas PKS mentok pada posisi 3,4 persen. Hasil itu menempatkan PKS lebih rendah ketimbang partai baru semacam PSI yang disebut mendapat 3,7 persen keterpilihan.

Kesimpulan survei itu adalah, PKS—bersama PSI—diprediksi tak memunyai wakil di tingkat DPR RI, karena tak mampu menembus ambang batas keterwakilan 4 persen.

"Oh hebat, Vox Populi hebat sekali, saya kasih award. Saya mengatakan Vox Populi hebat banget lebih hebat dari Litbang Kompas malah. Litbang Kompas menyebut PKS dapat 4,5 (persen) dan bukan hanya itu bahkan kayak Poltracking, Indo Barometer, LSI sudah menyebut PKS sudah di atas 4,3 (persen) bahkan ada yang di atas 5," kata Hidayat di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (25/3/2019).

"Jadi kalau Vox Populi menyebut begitu, selamat Vox Populi, dan akan terbukti bahwa survei anda salah besar," ujarnya.

Untuk diketahui, dalam survei Vox Populi hanya ada enam parpol yang meraih elektabilitas di atas ambang batas parlemen. Keenam parpol tersebut antara lain, PDIP 26,8 persen; Gerindra 15,1 persen; Partai Golkar 10,2 persen; PKB 7,1 persen; Demokrat 5,3 persen; dan, Partai NasDem 4,3 persen.

Sedangkan parpol-parpol lain seperti PAN, PSI, PKS, PPP, Perindo, Hanura, Berkarya, PBB, PKPI, dan Garuda memiliki elektabilitas di bawah 4 persen.

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS