Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Ini Foto Emak-Emak Pendukung Prabowo Aksi Telanjang?

Reza Gunadha
CEK FAKTA: Benarkah Ini Foto Emak-Emak Pendukung Prabowo Aksi Telanjang?
[Cekfakta.com]

Unggahan yang dibagikan oleh akun Facebook tersebut dikategorikan sebagai koneksi yang salah, sehingga menimbulkan penyesatan makna.

Suara.com - Kabar hoaks terkait Pilpres 2019 ternyata tak habis-habisnya beredar di media-media sosial.

Termutakhir, viral kabar emak-emak pendukung Capres Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno aksi telanjang di Bawaslu dan KPU RI. Kabar itu terkonfirmasi hoaks.

Klaim yang diperiksa:

Akun Facebook bernama Pramadya Purnomo, mengunggah tautan artikel media daring, foto, dan tulisan berisi narasi bahwa emak-emak pendukung Prabowo - Sandiaga menggelar aksi telanjang.

Ia menyertakan tautan artikel laman daring berjudul "Barisan Emak-Emak Militan GL PRO 08 Ancam Telanjang Di Bawaslu dan KPU Jika Pemilu Curang".

Sementara narasi yang dibubuhkan akun itu seperti berikut:

Coba itu…. Dibayar berapa emak-emak ini berani berbuat seperti itu. Urusan capres tak ingat sama hijab.

[Cekfakta.com]
[Cekfakta.com]

Fakta:

Akun tersebut mengunggah tautan dari artikel laman daring berjudul "Barisan Emak-Emak Militan GL PRO 08 Ancam Telanjang Di Bawaslu dan KPU Jika Pemilu Curang".

Isi artikel itu intinya adalah, organisasi BEM GL PRO 08 akan melakukan aksi di depan kantor Bawaslu dan KPU, Jumat (10/5) pekan lalu.

Ibu Maolint, juru bicara organisasi tersebut, mengatakan aksi akan dilakukan agar Bawaslu bersikap terhadap KPU yang dinilai melakukan kecurangan saat pemilu.

Dalam artikel itu juga disebutkan, Maolint bersama emak-emak mengancam melakukan aksi menanggalkan pakaian di depan umum.

[Cekfakta.com]
[Cekfakta.com]

Laman artikel itu, dalam penelusuran, ditemukan pada alamat Indonesiatoday.co.id. Selain tautan itu, akun Pramadya Purnomo juga menambahkan narasi serta foto yang menampilkan perempuan berjilbab membuka baju di hadapan polisi

Setelah dilakukan pemeriksaan atau penyesuaian foto yang dilampirkan akun tersebut, faktanya potret itu bukanlah emak-emak anggota BEM GL PRO 08. Foto itu juga tidak berhubungan dengan artikel yang ditautkan.

Diketahui, foto yang dibagikan akun itu adalah potret ibu-ibu warga Desa Klampok yang menggelar aksi terkait Tol Paspro ke kantor PT Waskita di jalur Pantura Surabaya  - Probolinggo, Kecamatan Tongas, Jumat, 12 Januari 2018.

[Cekfakta.com]
[Cekfakta.com]

Kesimpulan:

Unggahan yang dibagikan oleh akun Facebook tersebut dikategorikan sebagai koneksi yang salah, sehingga menimbulkan penyesatan makna.

*** 

Suara.com merupakan media terverifikasi yang bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com.

Cekfakta.com adalah kerja bersama media-media untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Suara.com melalui Inbox Facebook dan media sosial kami lainnya.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS