Pemilu AS 2020, Ini Sosok Kandidat Kuat dari Partai Demokrat

Bangun Santoso
Pemilu AS 2020, Ini Sosok Kandidat Kuat dari Partai Demokrat
Joe Biden menjadi kandidat kuat calon presiden dari Partai Demokrat jelang Pemilu AS 2020. (AFP)

Elektabilitas mantan wakil presiden itu di internal Partai Demokrat AS disebut naik sebesar 5 poin persentase

Suara.com - Politisi senior Amerika Serikat Joe Biden terus memperlebar keunggulan dalam persaingan calon presiden Partai Demokrat menjelang pemilu 2020, menurut sebuah survei yang dirilis pada Rabu (15/5/2019).

Elektabilitas mantan wakil presiden itu di internal Partai Demokrat AS naik sebesar 5 poin persentase, menurut data terbaru dari survei bulanan Ipsos/Reuters.

Survei menunjukkan 29 persen simpatisan Demokrat dan pemilih independen mengatakan akan memilih Biden, naik dari 24 persen pada April, sebelum Biden resmi bergabung dalam persaingan, demikian dikutip dari Kantor Berita Anadolu, Kamis (16/5/2019).

Dia memimpin di antara semua kelompok umur, kecuali pada kategori usia 18-37 tahun, yang lebih menyukai Senator Vermont Bernie Sanders.

Meskipun Sanders tidak mampu mengungguli Hillary Clinton pada laga capres 2016, dia tetap mendapat banyak dukungan untuk melaju ke panggung nasional.

Ketika ditanya siapa yang akan mereka pilih jika kandidat pilihan mereka tidak lagi mencalonkan diri, 16 persen dari simpatisan Demokrat mengatakan mereka akan memberikan suara untuk Sanders, menjadikan dia sebagai pilihan utama dalam skenario itu, sementara Biden menyusul dengan 13 persen.

Tak jauh beda, 14 persen dari pemilih independen juga mengatakan lebih menyukai Sanders, sementara 10 persen memilih Biden dalam kondisi tersebut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS