Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Heboh Aksi 22 Mei 2019, Warga Suku Badui Ikut Turun ke Jakarta?

Bangun Santoso
CEK FAKTA: Heboh Aksi 22 Mei 2019, Warga Suku Badui Ikut Turun ke Jakarta?
Ratusan Warga Baduy berjalan kaki menuju Pendopo Bupati Kota Rangkasbitung untuk mengikuti tradisi Seba Baduy di Lebak, Banten, Sabtu (4/5/2019). (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Dalam unggahannya, akun Facebook itu menyebut iring-iringan Suku Badui berangkat ke Jakarta tanpa alas kaki

Suara.com - Sejumlah foto dan video diunggah di laman Facebook hingga menuai banyak komentar beragam dari netizen. Dalam unggahan itu disebutkan, bahwa iring-iringan suku Badui melakukan aksi jalan kaki menuju DKI Jakarta. Momen ini bertepatan dengan rencana aksi 22 Mei 2019.

Salah satu sumber yang mengunggah foto-foto itu adalah akun Facebook bernama Dewi Subadra.

Dalam unggahannya, akun Dewi Subadra menuliskan narasi:

Iring2ngan Suku BADUI Berangkat Kejakarta Tanpa Alas Kaki ..
Apa Yg ingin Mereka Bela Sebab Selama Ini Hidup Mereka Mandiri Tanpa Bantuan Pemerintah Biarpun Diberikan Mereka Tolak ….
Sebab Mereka Tidak Mau Ada Pembangunan Masuk Dan Merusak Kelestarian Alam Sekitar tempat Dimana Mereka Tinggal Dan Hidup..
Mereka Tinggal Dipedalaman Hutan Tapi Kenapa Sekarang Mereka Keluar Beramai2 Ada Apa ,,,?
Apa Yg Sedang Terjadi Pada Bangsa Ini Mereka Selama Ini Tidak Mau Ikut Campur Dalam Hal Pemerintahan Apa Lagi Politik
Mereka Tau Ada Yg Sedang Tidak Beres Terjadi Pada Bangsa Ini Mereka Ingin Melindungi Saudara2nya Yg Akan Berjuang Menegakan Keadilan Terutama Para Ulama Dan Kaum Emak2 …
Jangan Pandang Rendah Mereka Biarpun Mereka Datang Dari Pedalaman Hutan Tapi Mereka Lebih Punya Hati Nurani Dari Pada Kalian2 Yg Tinggal Dikota Dengan Kemodernan Tapi Kalian Takut Dan Malah Membela Kecurangan,,,
Sadar Dan Malulah Kalian Kepada Mereka Orang2 Yg tulus Dan Ikhlas Mengabdi Pada Bumi Yg Dipijak Bukan Pada Penguasa Yg Sewenang2 Dan Otoriter …
#GerakanKedaulatanRakyat

Warga Suku Badui disebut-sebut ikut turun ke Jakarta. (Facebook)
Warga Suku Badui disebut-sebut ikut turun ke Jakarta. (Facebook)

Hingga Rabu (22/5/2019) pukul 12.45 WIB, unggahan itu telah menuai 9,8 ribu komentar dan telah 21 ribu kali dibagikan saat tangkapan layar diambil.

Penjelasan:

Dari hasil penelusuran, apa yang diklaim oleh akun Dewi Subadra itu tidaklah benar. Foto warga Suku Badui yang diunggah tersebut ternyata adalah potongan dari sebuah video.

Di mana dalam video itu adalah saat kurang lebih 1.300 warga Suku Badui Luar berpakaian hitam dipimpin Ayah Mursid tengah berjalan kaki dari Stadion Ciceri, Kota Serang, Banten menuju gedung eks Pendopo Lama, Gubernur Banten dengan mengambil rute jalan protokol Kota Serang untuk melakukan adat Seba Badui.

Video tersebut diunggah oleh salah satu akun Youtube bernama Baduu Corner pada Tanggal 6 Desember 2016.

Dalam video tersebut dituliskan deskripsi:

Ribuan warga suku Baduy dari Baduy Luar maupun Baduy Dalam bersama-sama ”menyerbu’ Pendopo Gubernur Banten di Kota Serang. Hal ini dilakukan dalam rangkain acara Upacara Adat Seba Baduy yang diadakan setahun sekali setelah masa panen di Baduy.”

*****

Suara.com merupakan media terverifikasi yang bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam Cekfakta.com.

Cekfakta.com adalah kerja bersama media-media untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Suara.com melalui Inbox Facebook dan media sosial kami lainnya.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS