alexametrics

SBY: 3 Hari 3 Malam Saya Tak Tinggalkan Ibu Ani Sejengkal Pun

Pebriansyah Ariefana | Stephanus Aranditio
SBY: 3 Hari 3 Malam Saya Tak Tinggalkan Ibu Ani Sejengkal Pun
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (tengah) menyalami peziarah almarhumah Ibu Ani Yudhoyono sebelum jenazah dibawa pulang ke Jakarta, di Kedutaan Besar Indonesia, di Singapura, Sabtu (1/6/2019). [Antara Foto/M N Kanwa/ama]

SBY mengatakan sebelum Ani menghembuskan nafas terakhir, dirinya beserta kedua putra serta menantu sempat membisikkan kepada Ani doa dan harapan masing-masing.

Suara.com - Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY tidak meninggalkan sejengkal pun Ani Yudhoyono di akhir-akhir masa hidup istrinya. Kala itu SBY ditemani dua anaknya dan menantu.

SBY menjelaskan sebelum Ani Yudhoyono menghembuskan nafas terakhirnya, dirinya beserta Agus Harimurti Yudhoyono, Annisa Yudhoyono, Edhis Baskoro Yudhoyono dan Aliya, mendampingi Ani tiga hari tiga malam di ICU.

"Tiga hari-tiga malam, saya, AHY, Anisa, EBY, dan Aliya tidak meninggalkan sejengkal pun ibu Ani yang berbaring berusaha bertahan," kata SBY di Pendopo Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Minggu (2/6/2019) siang.

SBY mengatakan sebelum Ani menghembuskan nafas terakhir, dirinya beserta kedua putra serta menantu sempat membisikkan kepada Ani doa dan harapan masing-masing. Pada saat itu Ani dalam kondisi dibius sehingga secara logika Ani tidak akan bisa mendengar segala doa dan harapan yang dibisikkan.

Baca Juga: Situasi Terkini di Sekitar TMP Kalibata Jelang Pemakaman Ani Yudhoyono

SBY mengucapkan permohonan kepada Allah untuk memberikan jalan terbaik bagi istrinya, dan diamini kedua putranya serta kedua menantunya.

SBY memohon agar usia istrinya diperpanjang apabila hal itu baik membawa kebaikan bagi Ani. SBY juga mengatakan dirinya dan keluarga ikhlas apabila Allah memanggil istrinya yang tercinta apabila hal tersebut membawa kebaikan.

Kemudian, kata dia, segalanya berlangsung cepat, dan Ani menghembuskan nafas terakhirnya.

"Beberapa saat kemudian Ibu Ani dengan sangat tenang, soft, tidak ada goncangan, menghembuskan nafas terakhir. Kami dengan agama dan keyakinan masing-masing segera mengucapkan doa. Setelah itu saya mengucapkan selamat jalan istri tercinta, semoga engkau hidup tenang di sisi Allah SWT," kata SBY.

Baca Juga: Di Mata SBY, Ani Yudhoyono Istri Sempurna dan Cahaya Keluarga

Komentar