Hujan Es Guyur Kabupaten Agam, BPBD Minta Warga Tetap Waspada

Chandra Iswinarno
Hujan Es Guyur Kabupaten Agam, BPBD Minta Warga Tetap Waspada
Ilustrasi hujan es. [Covesia]

BPBD Agam mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, lantaran hujan es yang disertai curah hujan tinggi berpotensi besar menimbulkan banjir dan tanah longsor.

Suara.com - Fenomena hujan es disertai curah hujan yang tinggi terjadi di Desa Balingka, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat (12/7/2019) Sore.

Fenomena langka yang menggemparkan warga tersebut terjadi sekira pukul 16.30 WIB.

"Kejadiannya tidak lama dan ukuran es juga tidak terlalu besar namun cukup bergemuruh saat jatuh di atap rumah dan mobil warga yang melintas," kata warga setempat, Hendra Firmanto (34) seperti dilansir Covesia.com - jaringan Suara.com.

Fenomena tersebut ternyata tidak hanya terjadi di kawasan Balingka, lantaran hujan es ini juga sempat mengguyur sebagian kawasan Matur.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedarutan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam Wahyu Bestari mengemukakan mendengar laporan tersebut. Meski begitu, ia menyatakan tidak ada laporan kerusakan pascafenomena langka tersebut terjadi.

"Hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan yang di timbulkan akibat hujan es ini," terang wahyu.

Selain itu, BPBD Agam mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, lantaran hujan es yang disertai curah hujan tinggi berpotensi besar menimbulkan banjir dan tanah longsor.

"Kami mengimbau masyarakat dan pengendara yang melintas untuk selalu waspada mengingat potensi curah hujan tinggi masih terjadi disekitar lokasi," ujarnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS