Menpan RB Sudah Susun Nomenklatur Kementerian untuk Periode Kedua Jokowi

Liberty Jemadu | Ummi Hadyah Saleh
Menpan RB Sudah Susun Nomenklatur Kementerian untuk Periode Kedua Jokowi
Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal (Purnawirawan) TNI Moeldoko merayakan ulang tahunnya yang ke-62 pada Senin (8/7/2019) di Jakarta. [Dok KSP]

Menpan sudah membuat formula nomenklatur kementerian dan telah disarankan kepada Presiden Jokowi.

Suara.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin sudah membuat formula nomenklatur kementerian untuk pemerintahan Presiden Joko Widodo di periode kedua.

"Seperti yang saya sampaikan, Menpan sudah membuat formulanya. Disarankan kepada Pak Presiden," kata Moeldoko di Kantor Staf Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Salah satu kementerian baru, sebut Moeldoko, adalah bidang investasi. Mantan Panglima TNI menuturkan Presiden Jokowi selalu menyampaikan terjadinya defisit transaksi berjalan di bidang perdagangan. Karena itu Jokowi kerap membicarakan soal investasi dan ekspor.

Selain itu juga, kedepan pemerintah akan fokus dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Hal tersebut yang membuat Jokowi, ingin ada perubahan nomenklatur kementerian di kabinet barunya.

"Kedua, dari sisi pembangunan SDM. Pendekatan-pendekatan itulah yang menjadi pemikiran. Sehingga ada mungkin ada perubahan struktur," tutur Moeldoko.

Ketika ditanya soal hasil formulasi perubahan struktur yang dilakukan Menpan, Moeldoko mengaku tak mengetahuinya. Ia menuturkan hal tersebut ditanyakan kepada Menpan.

"Yang jelas pernah diberikan tugas pada Menpan," tutup dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut nantinya ada perubahan nomenklatur kementerian di kabinet barunya. Jokowi mengatakan akan terdapat kementerian yang dilebur menjadi satu maupun muncul kementerian baru.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS