alexametrics

Kerusuhan Pecah di Fakfak: Fasilitas ATM Dirusak, Pasar Dibakar

Bangun Santoso
Kerusuhan Pecah di Fakfak: Fasilitas ATM Dirusak, Pasar Dibakar
Tangkapan layar kerusuhan di Fakfak Papua Barat, Rabu (21/8/2019) pagi. (Twitter)

Dalam video yang beredar di Twitter, sejumlah massa dengan membawa kayu berjalan merusak sebuah fasilitas ATM

Suara.com - Aksi demonstrasi berujung kerusuhan pecah di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat pada Rabu (21/8/2019) pagi ini. Aksi tersebut merupakan solidaritas warga Papua terkait insiden yang menimpa sejumlah mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang belum lama ini.

Dari informasi yang diterima Suara.com, rencana aksi demonstrasi tersebut sudah beredar sejak Selasa sebagai bentuk solidaritas. Hingga Rabu pagi waktu setempat, sejumlah massa turun ke jalan dengan berjalan kaki.

Dari rekaman yang beredar di Twitter dan diunggah sejumlah akun, kondisi di Fakfak disebut mulai memanas. Dari video itu, tampak sejumlah warga dengan membawa kayu berjalan sembari melempari dan memukuli sebuah fasilitas anjungan tunai mandiri atau ATM.

"Menurut sumber kejadian berada di Kabupaten Fakfak. Konflik semakin meluas," tulis akun @NaaDynaa, Rabu pagi.

Baca Juga: Terbongkar, Jejak Digital Tri Susanti Korlap Aksi di Asrama Mahasiswa Papua

"Pengrusakan dan pembakaran pasar thumburuni Fakfak Papua Barat saat ini," tulis akun @amanpunya948 yang mengunggah sebuah bangunan yang terbakar diduga pasar.

Hingga berita ini ditulis belum ada keterangan resmi dari aparat terkait insiden kerusuhan di Fakfak tersebut.

Sebelumnya, aksi demonstrasi berujung kerusuhan juga terjadi di Manokwari dan Sorong. Aksi itu dipicu atas insiden pengepungan dan penangkapan serta ujaran rasis yang menimpa sejumlah mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang belum lama ini.

Komentar