Jamuan KBRI Brasilia: Kopi Khas Indonesia Termahal Sejagat!

Rendy Adrikni Sadikin
Jamuan KBRI Brasilia: Kopi Khas Indonesia Termahal Sejagat!
Jamuan kopi Indonesia termahal sejagat. (Dokumentasi Pribadi)

KBRI Brasilia memperkenalkan kopi Indonesia yang disebut termahal sejagat dalam resepsi diplomatik.

Suara.com - Kedutaan Besar RI Brasilia memperkenalkan kopi asal Indonesia yang disebut-sebut termahal sejagat dalam sebuah resepsi diplomatik.

Kopi apa sih yang termahal di dunia? Jawabannya adalah kopi luwak. Ya, tamu undangan dimanjakan dengan sajian kopi luwak khas Indonesia.

Kopi luwak ini disebut sebagai salah satu kopi termahal dan ternikmat di dunia. Tidak ketinggalan ada pula beberapa camilan teman minum kopi yang diproduksi oleh perusahaan Indonesia.

Coffee corner ini memang disediakan khusus oleh KBRI Brasilia sebagai upaya untuk mempopulerkan produk Kopi Luwak dan produk makanan ringan Indonesia di Brasil.

Sebagai negara dengan tingkat konsumsi kopi yang tinggi, Brasil dapat menjadi salah satu tujuan pemasaran Kopi Luwak yang potensial.

Seperti diketahui, KBRI Brasilia menghelat resepsi diplomatik sebagai acara puncak rangkaian perayaan HUT ke-74 RI di Brasil.

Resepsi diplomatik dihadiri lebih dari 300 tamu undangan dari perwakilan misi-misi diplomatik negara sahabat, jurnalis, akademisi, pejabat pemerintah Brasil, serta WNI dan diaspora Indonesia di Brasil.

Tidak hanya selebrasi, KBRI Brasilia memanfaatkan resepsi diplomatik ini untuk mempromosikan budaya dan produk-produk unggulan Indonesia kepada para tamu undangan.

Nuansa budaya tradisional Indonesia sangat kental terasa pada resepsi diplomatik kali ini. Barisan remaja Brasil sebagai pagar bagus dan pagar ayu berbusana tradisional Indonesia yang berbaris rapih menjadi atraksi budaya pertama yang menyambut para tamu setibanya mereka di wisma kediaman Dubes RI Brasilia yang berarsitektur khas Toraja.

Nuansa spesial malam perayaan hari kemerdekaan Indonesia kian terasa ketika pengunjung dikejutkan oleh pertunjukan tari pendet yang dibawakan oleh seorang warga negara Brasil.

Penari yang akrab dengan panggilan Tatiana tersebut merupakan alumnus program beasiswa Darmasiswa Indonesia tahun 2013. Rasa cinta terhadap budaya Indonesia mendorong Tatiana untuk terus berlatih tari Bali dan mempromosikan budaya Indonesia di Brasil.

“Indonesia memandang Brasil sebagai salah satu mitra strategis di kawasan Amerika Selatan dan Karibia. Oleh karena itu, KBRI Brasilia akan terus dorong kerja sama Indonesia-Brasil menjadi lebih dalam dan dengan cakupan yang luas, dengan mengedepankan prinsip saling menguntungkan,” tegas Duta Besar Edi Yusup dalam siaran pers yang diterima Suara.com, Kamis (22/8/2019).

Keindahan alam dan budaya Indonesia yang dikemas secara apik dalam video promosi pariwisata “Wonderful Indonesia” yang diputar selama sesi ramah tamah dan penutup resepsi diplomatik juga menuai pujian dan decak kagum dari seluruh tamu undangan.

“Suatu saat saya pasti akan mengunjungi dan berlibur ke Indonesia. Indonesia sungguh cantik,” komentar seorang mahasiswa asal Brasil yang hadir pada acara resepsi.

Promosi pariwisata memang merupakan salah satu agenda penting KBRI Brasilia. Brasil adalah negara penyumbang wisatawan mancanegera ke Indonesia terbesar dari kawasan Amerika Selatan. Tiap tahunnya lebih dari 20.000 wisatawan asal Brasil datang ke Indonesia.

Kesuksesan pelaksanaan perayaan HUT ke-74 dan sambutan hangat para tamu undangan ini menjadi penyemangat seluruh jajaran KBRI Brasilia untuk terus meningkatkan upaya diplomasi di segala bidang, terutama ekonomi, demi mendukung kemajuan pembangunan segenap bangsa dan negara Indonesia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS