Lift Gedung Ombudsman RI Anjlok Dari Lantai 5, Enam Penumpang Selamat

Chandra Iswinarno
Lift Gedung Ombudsman RI Anjlok Dari Lantai 5, Enam Penumpang Selamat
Gedung Ombudsman RI di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. [Suara.com/Adhitya Himawan]

Peristiwa tersebut diduga terjadi karena kegagalan sistem rem saat dinaiki enam orang, yang terdiri dari satu staf Ombudsman dan lima mahasiswa magang.

Suara.com - Salah satu lift sebelah kiri yang berada di area lobby depan Gedung Ombudsman, Jalan Rasuna Said Jakarta Selatan dikabarkan meluncur tanpa rem dari lantai 5 hingga lantai dasar pada Jumat (6/9/2019) sekira pukul 12.00 WIB.

Peristiwa tersebut diduga terjadi karena kegagalan sistem rem saat dinaiki enam orang, yang terdiri dari satu staf Ombudsman dan lima mahasiswa magang.

Komisioner Ombudsman Alvin Lie mengemukakan, kejadian bermula saat enam orang tersebut akan menaiki lift menuju lantai 7 dari lantai 5. Namun saat personel terakhir masuk ke lift, yang bersangkutan sempat seperti tersandung.

"Ternyata lantai lift sudah mulai turun, sedangkan pintu belum tertutup," ujarnya melalui pernyataan tertulis yang diterima pada Jumat (6/9/2019).

Alvin melanjutkan, saat salah satu staf berinisiatif menutup pintu lift, tiba-tiba lift mendadak meluncur turun cukup cepat ke lantai dasar hingga menimbulkan suara benturan.

Mendengar benturan lift di lantai dasar, sekuriti langsung memanggil teknisi. Para korban dibantu keluar oleh teknisi dari bagian umum.

"Tidak ada korban jiwa maupun terluka dalam kejadian ini," kata Alvin.

Sementara itu, dari hasil pengecekan lift tersebut menunjukan adanya kegagalan sistem pengereman akibat kanvas rem sisi kanan tidak berfungsi dengan baik.

"Pada bagian mekanik, plunger atau magnet brake sudah aus karena gesekan yang mengakibatkan kanvas rem sisi kanan terbuka sehingga tidak berfungsi dengan baik dan menyebabkan Lift Loss Brake," katanya.

Ia melanjutkan, selama ini perawatan rutin dilakukan dua kali dalam sebulan. Bahkan, perawatan terakhir dilakukan pada tanggal 23 Agustus 2019.

"Semula awal bulan September ini juga akan dilakukan maintenance pada tanggal 07 September 2019," ujarnya.

Untuk diketahui, gedung Ombudsman RI digunakan sejak diresmikan pada tahun 1988.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS