alexametrics

Usia 2,5 Tahun, Putri Munir Tanyakan Hal yang Bikin Sang Ibu Syok

Rendy Adrikni Sadikin | Husna Rahmayunita
Usia 2,5 Tahun, Putri Munir Tanyakan Hal yang Bikin Sang Ibu Syok
Ratusan aktivis menggelar Aksi Kamisan ke-505 di depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (7/9).

Rosi pun syok melihat kesaksian Diva Suukyi Larasati.

Suara.com - Diva Suukyi Larasati, putri almarhum aktivis HAM Munir, ternyata pernah menanyakan ihwal kematian abah--begitu biasa Munir disapa Diva--ketika berusia 2,5 tahun.

Hal ini dikatakan Diva yang kini beranjak remaja dalam acara Rosi bertajuk '15 Tahun Munir: Menolak Lupa' seperti diunggah ke akun Youtube Kompas TV, Jumat (7/9/2019).

Berawal ketika pembawa acara Rosiana Silalahi bertanya kepada Diva, "Waktu itu di usia 2 tahun, Diva punya pertanyaan nggak tentang abah?"

Diva mengamini. Di usia yang masih balita, Diva bertanya alasan abahnya dibunuh. Menurut dia, sebuah pertanyaan aneh diajukan anak seusia itu.

Baca Juga: Jika Investigasi TGPF Tak Dibuka ke Publik, Kasus Novel Bisa Seperti Munir

"Iya ada. Mungkin bisa dikatakan insensitif untuk anak 2 tahun menanyakan kepada ibunya, seorang ibu yang barusan ditinggal suaminya, bahwa saya menanyakan kenapa abah dibunuh?" ujar Diva seperti dikutip Suara.com, Sabtu (7/9/2019).

Rosi terenyak. Dia syok mendengar bahwa ada anak 2 tahun yang mempertanyakan hal itu. Rosi pun bertanya kepada sang ibu, istri Munir, Suciwati, yang juga menjadi narasumber.

"Anak dua tahun bicara seperti itu? Benar itu ibu Suci (Diva) nanya itu?" tanya Rosi.

Suciwati sambil senyum berkata, "Saya juga cukup kaget ketika itu. Waktu itu 2 tahun setengah kalau nggak salah."

Seolah tak percaya, Rosi pun kembali bertanya ke Diva. "Benar Diva bertanya seperti itu, loudly?" tanya Rosiana Silalahi.

Baca Juga: Mabes Polri: Kami Tak Pernah Menutup Kasus Pembunuhan Munir

Diva Suukyi Larasati/Dokumentasi Mata Najwa
Diva Suukyi Larasati/Dokumentasi Mata Najwa

Diva pun mengamini. Namun, Diva enggan bertanya lagi sejak saat itu. Pasalnya, Diva yang saat itu berusia 2,5 tahun, merasa cukup kaget dengan reaksi sang ibu yang tiba-tiba sedih.

Komentar