Jokowi jadi Irup Prosesi Pemakaman Habibie di TMP Kalibata

Agung Sandy Lesmana | Stephanus Aranditio
Jokowi jadi Irup Prosesi Pemakaman Habibie di TMP Kalibata
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjenguk Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (9/9/2019) malam. (Foto dok. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

"Dan jam 13.00 tepat, start dari kediaman patra Kuningan menuju ke TMP Kalibata, inspektur upacara di TMP adalah pak Presiden" jelasnya.

Suara.com - Sekretaris Pribadi Presiden ke-3 RI, Almarhum BJ Habibie, Rubianto mengumumkan bahwa prosesi pemakaman Habibie akan dilakanakan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan pada Kamis (12/9/2019) pukul 13.00 WIB.

Prosesi pemakaman akan dimulai dengan prosesi serah terima jenazah dari keluarga kepada pemerintah yang digelar di rumah duka, Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan pada pukul 12.30 WIB.

"Prosesi pemakaman besok, rencananya pemakaman jenazah pada jam 12.30 WIB, akan dilaksanakan upacara serah terima jenazah dari keluarga kepada pemerintah. Diharapkan 30 menit selesai," kata Rubianto di rumah duka.

Upacara prosesi serah terima jenazah dari keluarga kepada pemerintah akan dipimpin oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman.

Setelah prosesi serah terima ke pemerintah, jenazah BJ Habibie akan diberangkatkan ke TMP Kalibata untuk disemayamkan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara pemakaman.

"Dan jam 13.00 tepat, start dari kediaman patra Kuningan menuju ke TMP Kalibata, inspektur upacara di TMP adalah pak Presiden" jelasnya.

Dikabarkan sebelumnya, Habibie meninggal dunia di ruang CICU, Paviliun Kartika RSPAD Jakarta Pusat. Menurut Putera Kedua Habibie, Thareq Kemal Habibie, ayahnya meninggal pukul 18.05 WIB.

Thareq menyebut faktor lainnya adalah karena jantung yang sudah melemah. Ia mengapresiasi dokter yang sudah berusaha semampunya untuk menyembuhkan Habibie.

"Jantungnya sudah berhenti beraktifitas, seperti yang saya bilang, karena umur dan aktifitas yang banyak," kata Thareq.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS