Nama Abu Rara Ternyata Pernah Disebut oleh Polisi Sebelum Tusuk Wiranto

Reza Gunadha
Nama Abu Rara Ternyata Pernah Disebut oleh Polisi Sebelum Tusuk Wiranto
Pelaku penusuk Wiranto. (IST)

"Abu Zee menikahkan Syahrial Alamsyah alias Abu Rara dan Fitria Adriana," kata Kombes Argo, 24 September. Kini, Syahrial dan Fitria adalah penyerang Wiranto.

Suara.com - Nama Syahrial Alamansyah (31), salah satu pelaku penusuk perut Menkopolhukam Wiranto di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/2019), ternyata pernah disebut aparat kepolisian jauh sebelum insiden tersebut.

Syahrial alias Abu Rara kali pertama masuk pemberitaan terkait penangkapan terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah Bekasi bernama Abu Zee.

Abu Zee ditangkap di rumahnya kawasan Tambun, Bekasi, Jawa Barat, September lalu. Polisi lantas mengungkapkan, Abu Zee sempat mengajarkan ilmu bela diri dan menikahkan anggota JAD.

Nah, salah satu anggota JAD yang dinikahkan oleh Abu Zee adalah Abu Rara.

Hal tersebut terekam dalam artikel yang diterbitkan Suara.com berjudul Terduga Teroris di Bekasi Ajarkan Bela Diri dan Nikahkan Anggota JAD, tanggal 24 September 2019.

Dalam artikel itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, Abu Zee memunyai peran mengkoordinasikan anggota yang ingin masuk JAD Bekasi.

"Keterlibatannya merupakan amir dan mengkoordinir ikhwan untuk bergabung ke Bekasi," kata Argo saat dikonfirmasi, Selasa (24/9/2019).

Menurut Argo, Abu Zee juga berperan mengajarkan ilmu bela diri kepada anggota JAD Bekasi. Latihan bela diri itu rutin diadakan setiap hari Minggu di Perumahan Cluster Paris Residence, Bekasi.

Selain itu polisi mengatakan, Abu Zee juga berperan menikahkan anggota JAD Bekasi. Tercatat, empat pasangan telah dinikahkan oleh Abu Zee.

"Abu Zee menikahkan Asep Roni dan Sutiyah, Syarial Alamsyah alias Abu Rara dan Fitria Adriana, Devi Rusli Warni dan Putri, Parjo dan Ummu Farida di kontrakan Abu Zee," kata dia.

Kekinian, Abu Rara dan Fitria yang dinikahkan Abu Zee itu menyerang Wiranto.

Syahrial bersama dengan Fitri Andriana Binti Sunarto, melakukan penyerangan terhadap Menko Polhukam Wiranto di Lapangan Menes Pandeglang diamankan pihak kepolisian di Pandeglang, Kamis.

Kedua tersangka saat ini diamankan di Mako Polsek Menes Polres Pandeglang. Kamis 10 Oktober 2019 sekitar pukul 11.55 WIB, Abu Rara dan Fitri mengerang Wiranto di depan Gerbang Lapangan Alun-alun Menes Desa Purwaraja Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang.

Tak hanya Wiranto, kedua pelaku juga menyabetkan kunai—pisau kecil ala ninja—kepada Kapolsek Menes Kompol Dariyanto dan Fuad.

Adapun kejadian penusukan tersebut secara tiba-tiba langsung menyerang atau menusuk kebagian perut Menkopolhukam Wiranto, dengan menggunakan senjata tajam secara membabi buta.

Akibat kejadian tersebut mengakibatkan luka tusuk pada bagian punggung Kompol Dariyanto dan bagian dada sebelah kiri H Fuad.

Sementara Wiranto, kekinian dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, karena mendapat dua luka tusukan di bagian perut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS