Dinilai Lebih Instagramable, Pemprov DKI akan Bangun 4 JPO Tanpa Atap

Bangun Santoso | Fakhri Fuadi Muflih
Dinilai Lebih Instagramable, Pemprov DKI akan Bangun 4 JPO Tanpa Atap
Pejalan kaki melintas di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) tanpa atap di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (6/11). [Suara.com/Arya Manggala]

Pembangunan JPO tanpa atap itu akan dibangun di kawasan Sudirman - Thamrin

Suara.com - Pemprov DKI Jakarta berencana menambah jumlah Jembatan Penyebrangan Orang atau JPO tanpa atap. Sebelumnya, sarana penyeberangan tanpa kanopi itu sudah dibangun di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, pengerjaannya akan dimulai tahun ini hingga 2020. Lokasinya juga sama, yakni kawasan Jalan Sudirman-Thamrin.

"Tahun ini sampai tahun depan bakal ada sekitar 3 sampai 4 JPO (tanpa atap) di Thamrin sudirman, dari Dukuh Atas," ujar Hari saat dihubungi, Kamis (7/11/2019).

JPO tanpa atap yang sudah dibuat, kata Hari, akan menjadi percobaan pihaknya. Selain itu, yang akan direnovasi dan kanopinya dicopot hanya JPO yang belum direvitalisasi.

"Kita coba satu. Nanti mungkin kalau bagus, ya area Sudirman-Thamrin aja dibuka, yang jelek-jelek. Yang sudah bagus ya tetep bagus, seperti tiga sebelumnya," katanya.

Menurut dia, empat JPO yang dicabut atapnya nanti hanya yang menghubungkan antara trotoar. Sementara yang menjadi jalur ke halte TransJakarta masih akan beratap.

"Kalau memang dari awal tertutup seperti sebelahnya, menghubungkan ke halte, itu tetap kanopinya ditutup, bukan dibuka. Masa orang mau naik TJ basah kuyup," ujar dia.

Sebelumnya, atap JPO di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat telah dicopot Pemprov DKI Jakarta. Alasannya, fasilitas itu dianggap lebih bagus saat difoto tanpa atap.

Kepala Dinas Bina Marga, Hari Nugroho mengatakan dengan tidak adanya atap, khususnya saat malam hari pemandangan kawasan Sudirman-Thamrin akan lebih indah. Menurutnya ini akan memberikan pengalaman tersendiri bagi para pejalan kaki.

"View ke gedung-gedung tinggi, menambahkan suasana dan pengalaman lain. Pengalaman lain lagi nih, selain untuk pejalan kaki juga untuk swafoto, berselfie ria. Instagramable lah," ujar Hari.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS