Satu-satunya Wakil Indonesia, Nadiem Makarim Masuk Daftar Time 100

Reza Gunadha | Husna Rahmayunita
Satu-satunya Wakil Indonesia, Nadiem Makarim Masuk Daftar Time 100
Mendikbud Nadiem Makarim memberikan sambutan saat acara Lepas Sambut di Kemendikbud, Jakarta, Rabu (23/10). [Suara.com/Arya Manggala]

Nadiem Makarim masuk dalam kategori Leaders.

Suara.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang masuk daftar Time 100 Next 2019.

Menteri termuda Indonesia untuk periode 2019-2024 tersebut masuk dalam kategori Leaders bersama dengan 20 nama lainnya.

Dalam narasi yang dibagikan laman Times, Nadiem Makarim disebut sebagai pimpinan perusahaan ojek online Gojek yang kini menempati jajaran kabinet Presiden Joko Widodo.

"Jabatan Nadiem sebagai Mendikbud, menempatkannya sebagai pemimpin masa depan negara terbesar ke-16 dunia di sektor ekonomi," demikian deksripsi Times seperti yang dikutip Suara.com, Selasa (19/11/20119)

Senada dengan hal itu, Wakil Direktur Center for Strategic anda International Studies (CSIS) Brian Harding mengatakan, "Nadiem membawa anak muda yang berjiwa wirausaha ke dalam jajaran kabinet".

Di lain pihak, selain Nadiem Makarim yang masuk dalam kategori Leaders, ada 99 nama lainnya yang terdaftar dalam kategori berbeda seperti Artist, Advocates, Phenom dan Inovators.

Mereka diantaranya: Diplomat Afganistan Roya Rahmani, Presiden Costa Rika Carlos Alvarado Quesada, Menteri Lingkungan Hidup Jepang Shinjiro Koizumi, penyanyi Camila Cabello, dan girlband Blackpink.

Times nyatanya kali ini lebih fleksibel memilih nama orang-orang yang berpengaruh di dunia, setelah meninjau berbagai aspek seperti politik, budaya, kesehatan, perdamaian dan lainnya. Maka tak mengherankan jika sejumlah anak muda masuk dalam daftar.

Sebelumnya, majalah tersebut menaruh perhatian kepada nama-nama kepala negara, pemimpin perusahaan, aktor dari film blockbuster dan pemimpin suatu lembaga global.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS