Anggota Dewas KPK Baik, Mahfud MD: Nanti Akan Jadi Kejutan

Dwi Bowo Raharjo | Muhammad Yasir
Anggota Dewas KPK Baik, Mahfud MD: Nanti Akan Jadi Kejutan
Menkopolhukam Mahfud MD. [Suara.com/M Yasir]

Mahfud mengatakan presiden Jokowi sudah tahu kriteria dewan pengawas KPK yang akan ditunjuk.

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopohukam) Mahfud MD mengaku tidak dilibatkan oleh Presiden Joko Widodo dalam proses penunjukan anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Mahfud menilai Jokowi lebih mengetahui siapa sosok yang pantas menjadi Dewas KPK.

Meski mengaku tidak dilibatkan oleh Jokowi, Mahfud mengatakan nantinya akan ada kejutan terkait siapa saja anggota Dewas KPK.

"Enggak, presiden udah lebih tahu kriterianya. Tapi, nanti akan jadi kejutan bahwa dewasnya baik-baik," kata Mahfud di Kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (10/12/2019).

Mahfud menuturkan, Jokowi beberapa hari terakhir banyak mendapat masukan terkait nama-nama yang dinilai pantas menjadi anggota Dewas KPK. Namun, Mahfud mengatakan terkait keputusan akhirnya siapa yang akan ditunjuk menjadi Dewas KPK sepenuhnya menjadi hak prerogatif Jokowi.

"Itu kewenangan penuh sesuai undang-undang untuk pertama kali Dewas itu diangkat oleh presiden, hak prerogatif. Nanti, untuk berikutnya mungkin pakai tim sel (tim seleksi)," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku sudah selesai menyusun nama-nama anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Kendati demikian, Jokowi belum mau merinci siapa saja nama anggota Dewas KPK yang telah disusunnya itu.

"Sudah, tapi belum (diumumkan)," ujar Jokowi di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS