Viral Video Peserta Ikut Tes Masuk, Sebut Dalang G30S adalah Soeharto

Reza Gunadha | Rifan Aditya
Viral Video Peserta Ikut Tes Masuk, Sebut Dalang G30S adalah Soeharto
Viral pemuda sebut dalang PKI adalah Soeharto ketika tes wawancara masuk TNI (instagram @infokomando)

Pemuda di video itu mengatakan, "PKI itu hanya kambing hitam".

Suara.com - Seorang pemuda yang diduga sedang mengikuti tes wawancara seleksi memberikan jawaban mengejutkan saat dimintai pendapat tentang kasus Partai Komunis Indonesia (PKI). Ia menyebut dalang dari PKI adalah Soeharto.

Video interview tersebut telah diunggah oleh beberapa akun media sosial di Twitter dan Instagram. Salah satunya akun Instagram @infokomando pada Jumat (13/12/2019), namun kekinian unggahan itu dihapus.

"Jelas pada video ini pria yang sedang menjalani sesi wawancara dengan pakaian hitam putih secara gamblang menceritakan sejarah G30S/PKI versi manipulatif buatan kelompok radikal kiri dimana pada hasil akhirnya menuding Soeharto adalah pelaku dari G30S/PKI, sedangkan PKI sendiri disebutnya sebagai korban," tulis @infokomando.

Dalam rekaman berdurasi 37 detik itu memperlihatkan seorang pria yang mewawancara pemuda berkemeja putih dan kartu peserta menempel di dadanya.

Seorang pria lain yang diduga petugas tes berdiri memperhatikan di belakang pemuda tersebut.

Saat ditanya tentang PKI, pemuda itu mengatakan, "PKI itu hanya kambing hitam atau tangan kanan dari sebuah anggota militer yang diyakini sekarang itu Orde Baru Soeharto, yang pada masanya itu sangat berjaya 32 tahun. Jadi otomatis pikiran saya adalah Soeharto haus akan kuasa. Jadi dalang dari PKI itu adalah Soeharto".

Pewawancara bertanya, "Jadi gitu ya? Intinya PKI bukan musuh tentara begitu?"

"Bukan, sama sekali bukan," jawab pemuda itu.

Akun @infokomando yang mengunggah video itu berpesan, "Buat sobat @infokomando di mana pun berada, perkayalah wawasan kalian dengan buku-buku referensi yang benar. Agar mindset kita tidak mudah disesatkan".

Video ini telah dilihat lebih dari 67 ribu kali hingga Sabtu (14/12) sore. Warganet telah memberikan lebih dari 800 komentar di sana.

Belum diketahui waktu dan lokasi wawancara ini berlangsung.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS