Gibran Klaim Bakal Setia dengan PDIP Meski Tak Dapat Tiket Megawati di Solo

Dwi Bowo Raharjo | Ria Rizki Nirmala Sari
Gibran Klaim Bakal Setia dengan PDIP Meski Tak Dapat Tiket Megawati di Solo
Bakal Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tiba di Kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta, Senin (10/2). [ANTARA FOTO/Galih Pradipta]

Terkait dengan lirikan partai politik lain untuk maju di Pilkada Solo, Gibran mengaku belum menjalin komunikasi.

Suara.com - Bakal calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengklaim akan selalu setia dengan PDI Perjuangan. Hal itu disampaikan Gibran, meski nantinya tidak direkomendasikan partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri untuk maju di Pilwalkot Solo 2020.

Meski mantap maju Pilwalkot Solo melalui PDIP, tak sedikit partai politik lain turut membuka tangannya bagi Gibran. Sebut saja Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), bahkan Partai Demokrat yang sudah memasang baliho berisikan dukungan bagi Gibran di Solo.

"Saya jawab saya tetap setia dengan PDI perjuangan jika tidak mendapat rekomendasi sekalipun," kata Gibran di Kantor DPP PDIP, Jalan Pangeran Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (10/2/2020).

Kebesaran hati Gibran disampaikan lantaran ia telah berkomitmen untuk membesarkan PDIP. Putra sulung Jokowi itu menyebut PDIP bukan hanya menjadi kendaraan baginya maju di Pilwalkot Solo 2020.

Terkait dengan lirikan partai politik lain, Gibran mengaku belum menjalin komunikasi. Ia hanya mendengar kalau ada sejumlah partai politik mendukung.

Gibran Rakabuming Raka, Achmad Purnomo, dan Teguh Prakosa usai jalani fit and proper test di Kantor DPP PDIP Jakarta, Senin (10/2/2020). (Suara.com/Ria Rizki)
Gibran Rakabuming Raka, Achmad Purnomo, dan Teguh Prakosa usai jalani fit and proper test di Kantor DPP PDIP Jakarta, Senin (10/2/2020). (Suara.com/Ria Rizki)

"Tapi saya tetap setia dengan PDI Perjuangan," pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Gerindra tidak menutup pintu jika memang harus mendukung Gibran di Pilwakot Solo.

"Kami akan lihat situasi dan kondisi di sana kekuatannya bagaimana situasinya bagaimana dan semuanya serba terbuka. Tentu siapa pun kami mendudukkan itu sama, kan akhirnya rakyat Solo juga yang akan menentukan siapa calon wali kota-nya," kata Muzani saat ditemui di HUT ke-12 Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020).

Di sisi lain, dukungan Partai Demokrat Solo juga disampaikan oleh Ketua DPC Demokrat Solo, Supriyanto. Ia menyampaikan keoptimisan kalau Gibran menjadi calon wali kota Solo.

Sementara itu, PKS juga tidak menampik kalau akan membuka peluang untuk mengusung Gibran di Pilwalkot Solo 2020. Sekretaris Jenderal PKS Mustafa Kamal menyebut bahwa PKS sangat terbuka untuk mendorong siapapun yang memiliki kapasitas dan potensi yang mumpuni sebagai pemimpin.

"Kami akan dorong sepenuhnya dengan satu komitmen kesamaan visi untuk membangun bangsa dan negara," ujar Mustafa di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS