Antisipasi Banjir, Pemerintah Pusat Siagakan Pompa di Sejumlah Titik

Bangun Santoso | Yosea Arga Pramudita
Antisipasi Banjir, Pemerintah Pusat Siagakan Pompa di Sejumlah Titik
Sebagai ilustrasi: Pengendara melintasi banjir yang menggenangi Jalan H. R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (25/2/2020). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.)

"Jakarta bukan sekedar kota biasa, Jakarta adalah ibu kota, tentu tanggung jawab adalah milik bersama,"

Suara.com - Sejumlah kawasan DKI Jakarta dilanda banjir pada Selasa (25/2/2020). Intensitas hujan yang deras sejak Senin (24/2/2020) menyisakan genangan air dengan ketinggian yang bervariasi.

Juru Bicara Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia mengatakan, masalah banjir bukan semata-mata menjadi urusan Pemprov DKI Jakarta. Dalam hal ini, pemerintah pusat berupaya membuat langkah untuk mengantisipasi banjir.

"Jakarta bukan sekedar kota biasa, Jakarta adalah ibu kota, tentu tanggung jawab adalah milik bersama, tidak hanya membebankan kepada pemerintah provinsi. Namun pemerintah pusat juga terus berupaya agar hal serupa tidak terjadi lagi yang membuat terhambatnya aktivitas masyarakat beberapa waktu terakhir," kata Angkie dalam keterangannya, Kamis (27/2/2020).

Angkie menyebut, pemerintah kekinian sudah menyiapkan pompa di sejumlah titik di Jakarta. Hal tersebut diklaim sebagai upaya meminimalisir potensi banjir.

"Oleh karena itu pemerintah pusat telah menyiapkan pompa-pompa mobile disejumlah titik, untuk mampu mengalirkan debit air yang tinggi sehingga meminimalkan potensi banjir kedepan," imbuh dia.

Untuk antisipasi jangka panjang, pemerintah juga menyiapkan rumah pompa di sejumlah titik. Teknis perawatan pompa tersebut akan diurus oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Pemerintah pusat akan menyiapkan rumah pompa disejumlah titik. Nanti terkait perawatannya akan dilakukan oleh pemerintah provinsi," kata Angkie.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS