alexametrics

Sudah Datang ke Gowa, Kapolda Sulsel Sebut Peserta Ijtima Akan Diisolasi

Dwi Bowo Raharjo
Sudah Datang ke Gowa, Kapolda Sulsel Sebut Peserta Ijtima Akan Diisolasi
Peserta ijtima dunia zona Asia di Gowa. (Foto: Istimewa/via Makassarterkini.id)

Polisi bakal koordinasi dengan pemerintah Provinsi, Pemkab, dan TNI terkait isolasi peserta yang sudah datang.

Suara.com - Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Polisi Guntur Laupe mengatakan pihaknya akan melakukan isolasi pada seluruh peserta Ijtima Dunia 2020 Zona Asia yang sudah hadir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Isolasi tersebut bakal dilakukan untuk mencegah penularan virus corona atau covid-19.

Guntur mengataan pihaknya bakal juga akan melakukan koordinasi dengan pemerintah Provinsi, Pemkab, dan TNI terkait isolasi peserta yang sudah datang. Diketahui, acara yang semula diagendakan terlaksana pada 19-22 Maret 2020 itu sudah dibatalkan atau ditunda.

“Kami akan melakukan isolasi kepada seluruh peserta untuk menjaga seluruh warga maupun peserta yang ada dari wabah penularan virus Corona (Covid-19)," kata Guntur seperti diberitakan terkini.id - jaringan Suara.com, Kamis (19/3/2020).

Guntur menuturkan, setelah dilakukan koordinasi dan pendekatan persuasif oleh Pemprov, Pemkab, Polri dan TNI ke panitia pelaksana Ijtima Jamaah Tabligh se Asia akhirnya memutuskan Ijtima yang dihadiri ribuan jamaah bukan hanya dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri ini resmi dibatalkan atau ditunda.

Baca Juga: Karena Corona, Pemilihan Wagub DKI Hanya Boleh Dihadiri 200 Orang

Namun pasca pembatalan Ijtima Jamaah Tabligh Dunia Zona Asia 2020 yang digelar di Pakatto Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan tersebut masih saja disambut sejumlah komentar masyarakat. Bahkan masih ada masyarakat yang membuat gaduh dan ketakutan.

Terkait itu, Guntur Laupe meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terprovokasi pasca pengumuman pemerintah melakukan pembatalan atau penundaan Ijtima Jamaah Tabligh se Asia di Pakatto Kabupaten Gowa.

“Kami mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi,” kata Guntur.

Untuk diketahui, di tengah merebaknya wabah virus corona baru atau Covid-19, acara Ijtima Dunia 2020 Zona Asia di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan memantik kekhawatiran mengingat ribuan peserta bakal hadir di acara yang sedianya digelar pada 19-22 Maret 2020 itu.

Setidaknya 6.000 peserta sudah datang di Gowa. Mereka datang tidak hanya dari dalam negeri, namun dari sejumlah negara seperti Malaysia, India maupun negara lain yang sama-sama tengah dirundung wabah corona.

Baca Juga: Wabah Virus Corona, Kebun Raya Bogor Ditutup Sampai 31 Maret

Setelah melalui proses negosiasi antara pemerintah, TNI/Polri dengan pihak panitia, akhirnya acara tersebut resmi ditunda.

Komentar