Cegah Perantau dari Jakarta Mudik Saat Wabah Corona, Sumbar Minta BIM Tutup

Chandra Iswinarno
Cegah Perantau dari Jakarta Mudik Saat Wabah Corona, Sumbar Minta BIM Tutup
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit [Klikpositif].

Usulan tersebut rencananya disampaikan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam waktu dekat ini.

Suara.com - Semakin meluasnya wabah Virus Corona atau Covid-19 membuat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) mengambil langkah inisiatif meminta penutupan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) untuk sementara waktu.

Usulan tersebut rencananya disampaikan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam waktu dekat ini.

"Surat sedang disiapkan Pak Sekda dan segera kita kirim," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit usai menggelar videoconference dengan Presiden Jokowi seperti dilansir Klikpositif.com-jaringan Suara.com pada Selasa (24/3/2020).

Nasrul beralasan, penutupan sementara itu penting dilakukan untuk mengunci orang luar yang berpotensi menularkan COVID-19 masuk ke wilayah Sumbar. Selain itu, penutupan juga dilakukan agar tidak ada lagi eksodus dari Jakarta dan dari daerah lainnya yang masuk ke wilayahnya.

"Sekarang masih ada eksodus darimana-mana, kita bersama Gubernur sepakat dan kita buat surat ke Kemenhub kalau bisa penerbangan dihentikan dulu," ujarnya.

Dari laporan yang ada, saat ini penerbangan ke Padang terus mengalami peningkatan terutama dari daerah Jakarta. Malahan penerbangan ke Padang ditambah karena banyak yang ingin pulang.

Sebelumnya, Pemprov Sumbar juga sudah mengeluarkan imbauan kepada perantau untuk tidak pulang kampung dulu sampai wabah tersebut berakhir.

Apalagi wilayah Jakarta merupakan terdampak virus, Nasrul mengatakan semua pihak tidak ingin virus masuk ke Sumbar yang masih tergolong aman.

"Jakarta sudah banyak kasusnya, kita tidak ingin masuk ke virus itu ke Sumbar, kita ingin menutup bandara sementara, mudah-mudahan dikabulkan oleh Kemenhub," katanya.

Dia mengingatkan agar semua pihak dapat belajar dari Italia. Meski Pemerintah Italia meliburkan warganya, mereka tetap pergi pulang kampung kondisi tersebut mengakibatkan virus menyebar ke seluruh wilayah.

"Jangan sampai kita menyesal, lihat Italia, diliburkan lalu pulang kampung sehingga ribuan orang sudah meninggal. Kita tak ingin seperti itu," katanya.

Usulan serupa sebelumnya telah disampaikan Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah ke Pemprov Sumbar untuk menutup sementara BIM.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS